#Ramadhan 1442 HINTERNASIONAL

Cerita Bintang NBA Kyrie Irving dan Lainnya Berpuasa Ramadhan

Jakarta (SI Online) – Umat Islam diwajibkan menjalankan puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Tak terkecuali mereka yang berstatus sebagai pemain NBA aktif. Namun di tengah musim yang tidak biasa di tahun 2021 ini, puasa Ramadhan menjadi tantangan terberat bagi mereka.

Ada yang masih belajar puasa sehingga harus absen beberapa pertandingan, ada pula yang mengalami penurunan performa. Namun semua disikapi dengan positif karena sedang menjalankan kewajiban sebagai pemeluk agama Islam.

Ada puluhan pemain muslim di NBA, tapi yang paling banyak ada di tim Portland Trail Blazers. Tim ini punya tiga pemain muslim yaitu Enes Kanter, Jusuf Nurkic, dan Rondae Hollis-Jefferson. Nama terakhir dikontrak selama 10 hari saja.

Bila dihitung sejak hari pertama puasa sampai Idul Fitri nanti, ketiga pemain Blazers itu akan tampil 16 pertandingan. Lebih dari separuh Ramadan dihabiskan dengan bertanding.

“Kapanpun waktu Ramadan tiba, itu memberi saya kekuatan mental. Seperti kekuatan super saya kembali,” kata Kanter, awal pekan lalu, dikutip dari CBS Sports.

Sebagai pemain NBA, dibutuhkan disiplin yang luar biasa untuk berpuasa sambil bermain bola basket. Bayangkan semua kalori yang terbakar saat dirinya menginjak lapangan basket. Itu belum termasuk persiapan untuk pertandingan dan malam yang panjang di jalan saat laga tandang.

“Rasanya luar biasa, karena saya tahu bahwa saya melakukan sesuatu yang seharusnya saya lakukan menurut keyakinan saya. Tetapi pada saat yang sama, saya harus bermain bola basket sebagai pemain profesional,” tambah Kanter.

Kanter menjelaskan bahwa puasa Ramadan memang berat. Khususnya bagi mereka yang berprofesi sebagai atlet profesional. Tapi uniknya, justru Kanter merasa bahwa Ramadan tahun ini lebih nikmat dari biasanya. Karena semakin banyak pertandingan, maka pikiran akan teralihkan dari keinginan untuk makan dan minum.

“Begitu ada pertandingan, saya tidak berpikir tentang lapar dan haus. Kami hanya fokus pada pertandingan saja,” ungkap Kanter, seperti dilansir Bleacher Report.

Selain di tim Blazers, banyak pemain muslim tersebar di 30 klub NBA. Dennis Schroder dari Los Angeles Lakers juga seorang muslim yang taat. Ada pula Jaylen Brown, yang penampilannya tidak menurun selama Ramadan tahun ini. Tetapi yang menggemparkan akhir-akhir ini adalah pengakuan bintang Brooklyn Nets, Kyrie Irving.

Bulan lalu, Irving yang sempat mencetak 40 poin saat bertanding melawan Boston Celtics, sering absen karena masalah pribadi. Bahkan Steve Nash sebagai kepala pelatih tidak memberikan keterangan yang jelas tentang pemainnya tersebut. Kemudian pada 7 April, waktu Amerika Serikat, Irving mengatakan bahwa dirinya bersyukur kepada Allah, karena sudah kembali bertanding.

Irving ternyata kembali absen pada 13 April, satu hari setelah awal puasa Ramadan. Setelah itu, kehebohan terjadi setelah Nets menang 109-104 atas Celtics. Saat itu, Irving mengaku bahwa dirinya sedang menjalani puasa Ramadan.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

BACA JUGA
Close
Back to top button