SILATURAHIM

Mengenal Siti Fadilah Supari

Jakarta (SI Online) – Siapa sih Siti Fadilah Supari? Banyak orang bertanya-tanya demikian. Terutama kaum milenial.

Bagi yang bukan milenial, banyak juga yang asing. Harap maklum, era 2004-2009 saat Siti Fadilah menjabat sebagai menteri, Indonesia belum memasuki era informasi seperti saat ini.

Media sosial belum semarak sekarang, jaringan internet juga belum secepat saat ini. Handphone saat itu mayoritas masih untuk panggilan suara dan pesan teks (SMS).

Nama lengkap dan gelarnya adalah DR. Dr. Siti Fadilah Supari, Sp.JP(K). Ia lahir di Solo, Jawa Tengah, pada 6 November 1949.

Riwayat pendidikan Siti Fadilah, dikutip dari buku “Saatnya Dunia Berubah”, setelah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas di kota Solo, ia menuruti keinginan ayahandanya dengan memilih Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Kota yang masih dekat dengan kota kelahirannya, sehingga mudah kalau mau pulang menjenguk kedua orang tuanya.

Gelar dokter diraihnya dengan lancar pada 1976. Kemudian ia mengarungi karier awalnya sebagai dokter umum di tengah hiruk pikuk kota Jakarta. Sambil menjalani praktik sebagai dokter profesional, ia melanjutkan kuliahnya di Program Pendidikan Spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Jakarta.

Gelar Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah berhasil diraihnya pada 1987. Keahliannya langsung dipraktikkan di Rumah Sakit Jantung “Harapan Kita”, Jakarta.

Di tengah rutinitasnya sebagai dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, ia aktif dalam kegiatan penelitian, selain mengajar di beberapa Fakultas Kedokteran.

Selanjutnya ia mengikuti Program Doktor di Fakultas Kedokteran Universitas lndonesia, yang juga penuh dengan penelitian. Derajat tertinggi Doktor diraihnya pada 1996.

1 2Laman berikutnya
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close