#Wabah CoronaINTERNASIONAL

Saudi Larang Warganya Pergi ke Indonesia

Jakarta (SI Online) – Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia menangguhkan atau melarang untuk sementara warga negaranya bepergian ke sejumlah negara terjangkit virus corona Covid-19, antara lain Filipina, India, Pakistan, Sirlanka, dan Indonesia.

Seperti dilansir Vivanews.com, Jumat (13/03/2020), dikutip dari surat yang ditandatangani presiden otoritas penerbangan sipil Arab Saudi, Mohammad O. Al-Otaibi, pada 12 Maret 2020, penangguhan itu adalah bagian dari upaya Saudi untuk mencegah masuknya virus corona (Covid-19) ke Kerajaan.

Namun, tidak disebutkan penangguhan itu berlaku sampai kapan.

Saudi juga mencegah setiap kedatangan warga dari Filipina, India, Pakistan, Sir Lanka, dan Indonesia kecuali untuk penerbangan yang akan memulangkan warga Saudi ke negara mereka dan mengembalikan warga kelima negara itu ke tanah air masing-masing.

“… kecuali untuk penerbangan yang berniat untuk mengembalikan warga Kerajaan kembali atau mengembalikan warga negara yang disebutkan di atas kembali ke negara mereka, penerbangan kargo dan penerbangan yang berniat untuk membawa petugas kesehatan yang memiliki visa keluar dan masuk kembali dan kontrak baru untuk kesehatan petugas yang bekerja untuk sektor publik atau swasta.”

Bersamaan dengan itu, otoritas Indonesia juga memberitahukan kepada warga Indonesia yang bermukim dan memiliki izin tinggal di Saudi serta bermaksud kembali ke sana, mereka diberi waktu 72 jam sejak 12 Maret untuk kembali ke Saudi.

Merek diharapkan segera menghubungi kantor Garuda Indonesia terdekat atau perwakilan Saudia Airlines di Indonesia untuk mengatur perjalanan ke Saudi pada kesempatan pertama.

red: farah abdillah

Artikel Terkait

Back to top button