#Banjir 2020NASIONAL

Si Liberal Guntur Romli Penebar Hoaks

Jakarta (SI Online) – Foto lama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Wali Kota Bogor Bima Arya di Bendung Katulampa kembali diperbincangkan di Twitter.

Sebabnya, foto yang diambil pada 2018 lalu itu kembali diunggah di akun Twitter @GunRomli milik seorang liberal sekaligus bekas Caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mohamad Guntur Romli, pada Kamis (2/1/2020).

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Bogor Rudiyana menyayangkan kejadian tersebut. Bencana alam yang terjadi, kata dia, harusnya menjadi duka bagi semua, bukan dimanfaatkan menebar kabar bohong atau hoaks.

“Kami sangat menyayangkan masih ada oknum-oknum yang memanfaatkan situasi seperti ini untuk menebar hoax,” ungkap Rudiyana dalam pesannya elektronik, Kamis (2/01/2020) seperti dilansir Republika.co.id.

Rudiyana menjelaskan foto tersebut diambil saat kunjungan Anies ke Kota Bogor pada 12 Februari 2018. Namun, akun @gunromli mengunggah kembali dengan keterangan “Cengar cengir selfie di tengah warga Jakarta yang kebanjiran.”

“Foto tersebut benar, tapi sudah dua tahun lalu. Kondisinya saat itu tidak banjir, bahkan bisa dilihat dari background debit air yang menunjukan normal. Jadi, keterangan foto bahwa Pak Gubernur cengar-cengir selfie dengan Pak Wali di tengah banjir adalah salah dan tidak ada hubungan dengan konteks banjir pada awal tahun 2020,” ujarnya.

red: asyakira

Artikel Terkait

Back to top button