INTERNASIONAL

Terungkap, Perang Gaza Akibatkan 5000 Tentara Israel Terluka dan 2000 Cacat

Tel Aviv (SI Online) – Militer Israel mencatat setidaknya 5.000 personel tentara mereka terluka, termasuk 2.000 tentara lainnya mengalami cacat, selama dua bulan melakukan agresi di Jalur Gaza.

“Israel belum pernah menyaksikan kejadian seperti ini sebelumnya dalam hal jumlah orang yang terluka,” kata Kepala Departemen Rehabilitasi di Kementerian Pertahanan Israel, Limor Luria, pada Sabtu (9/12/2023).

Limor menambahkan, 58 persen tentara mengalami cedera anggota tubuh, dan harus diamputasi pada kaki atau lengannya.

Seperti dilansir The Cradle, Ahad (10/12/2023), militer Israel mengeklaim hanya 91 tentara yang terbunuh oleh Hamas di Gaza, sejak dimulainya perang pada 7 Oktober 2023.

Namun, jumlah korban tewas sebenarnya tersebut diduga dirahasiakan karena Brigade Al-Qassam telah mendokumentasikan penghancuran harian di Gaza.

Dalam sebuah wawancara bulan lalu, direktur Pemakaman Militer Gunung Herzl, David Oren Baruch, mengungkapkan bahwa pada saat itu, satu tentara Israel dikuburkan setiap satu hingga satu setengah jam.

“Kami sekarang sedang melalui suatu periode. Setiap jam ada pemakaman, dan setiap satu setengah jam ada pemakaman,” kata Baruch pada 19 November 2023 la

“Hanya di pemakaman Gunung Herzl kami menguburkan 50 tentara dalam 48 jam.”

Tentara Israel saat ini menghadapi pertempuran sengit di kota selatan Khan Younis.

Menurut Yaniv Kubovits, koresponden urusan militer untuk media Haaretz, komandan tentara Israel telah melaporkan ada empat batalyon Hamas di lokasi tersebut, yang kemampuannya melancarkan serangannya sangat mumpuni. []

Artikel Terkait

BACA JUGA
Close
Back to top button