#Save UyghurINTERNASIONAL

Warga Hong Kong Gelar Aksi Bela Uighur

Hong Kong (SI Online) – Seribu lebih warga Hong Kong melakukan aksi damai untuk mendukung Muslim Uighur. Mereka mengibarkan bendera dan poster Uighur di sebuah distrik keuangan kota.

Aksi solidaritas tersebut menandai demonstrasi terbaru dalam lebih dari enam bulan kerusuhan anti-pemerintah di wilayah itu.

Puluhan polisi berbaris melintasi lapangan umum yang menghadap ke pelabuhan Hong Kong untuk berhadapan dengan para pemrotes yang melemparkan botol-botol kaca dan batu ke arah mereka.

Para pendemo yang tergabung dari kalangan tua dan muda itu terlihat mengibarkan bendera dan poster Uighur dalam aksi mereka.

Dengan mengenakan topeng untuk melindungi identitas, mereka mengangkat poster tanda bertuliskan “Bebaskan Uighur, Bebaskan Hong Kong” dan “otonomi palsu” di Tiongkok menghasilkan genosida “.

“Saya pikir kebebasan dasar dan kemerdekaan harus ada untuk semua orang, bukan hanya untuk Hong Kong,” kata seorang wanita berusia 41 tahun yang bermarga Wong seperti dikutip Reuters, Senin (23/12). Dia ikut berdemo bersama suaminya.

Namun, aksi yang semula berjalan dengan damai berakhir ricuh. Pengunjuk rasa melemparkan botol kaca dan batu ke arah aparat.

red: asyakira

Artikel Terkait

Back to top button