INTERNASIONAL

Tiga Anggota Parlemen AS yang Berhijab Ini Ternyata Keturunan Somalia

Washington (SI Online) – Anggota parlemen Amerika Serikat yang berhijab sempat membuat ramai publik. Tidak heran, AS adalah negara sekuler dengan tingkat Islamofobia yang cukup tinggi.

Berikut ini deretan anggota parlemen di Amerika Serikat yang berhijab.

Ilhan Omar

Ilhan Omar adalah politikus keturunan Somalia-Amerika yang lahir pada 4 Oktober 1981 dan terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Minnesota dari Partai Demokrat-Petani-Buruh. Ia menjadi warga Somalia-Amerika pertama yang masuk sebagai anggota Kongres AS.

Omar juga menjadi salah satu perempuan Muslim pertama yang terpilih sebagai anggota Kongres. Ia secara terbuka mengungkapkan keinginannya untuk menggunakan hijab di gedung parlemen.

Omar menuturkan bahwa keinginannya untuk menggunakan hijab itu dilindungi oleh amandemen pertama.

Nadia Mohamed

Nadia Mohamed mencetak sejarah karena menjadi Muslimah pertama dan warga keturunan Somalia, sekaligus orang termuda yang terpilih sebagai anggota Dewan Kota St. Louis Park, Minnesota.

Ia memperoleh 63% suara dalam pemilu yang diadakan pada November 2019. Kerap menghadapi diskriminasi atas agama yang dianutnya, membuat Nadia Mohamed termotivasi untuk menjadikan St. Louis Park sebagai kota yang inklusif.

Lulusan Manajemen Sumber Daya Manusia dari Metropolitan State University ini pernah mendapat penghargaan St. Louis City’s Human Rights Award atas upayanya dalam membangun hubungan lintas agama.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

BACA JUGA
Close
Back to top button