DAERAH

ASRI dan Tim Tebar Quran Salurkan Al-Qur’an ke Sejumlah TPQ di Maluku

Maluku (SI Online) – Tim Amanat Sosial Relawan Indonesia (ASRI) bekerjasama dengan Tim Tebar Quran & Iqra Indonesia menyalurkan Al-Qur’an dan Iqra di sejumlah tempat di Maluku Utara.

Ketua ASRI Fitrah Ashab mengatakan, kegiatan penyaluran Al-Qur’an tersebut dimulai sejak Februari lalu hingga saat ini. Adapun Mushaf Al-Qur’an dan Iqra yang dibagikan berasal dari bantuan masyarakat di Bogor dan Ternate.

“Kami sudah salurkan ke Taman Pendidikan Quran (TPQ) yang ada di Kota Ternate, Kota Tidore, Sofifi, Pulau Sanana, dan terakhir kemarin kami serahkan bantuan Al-Qur’an ke LANAL TNI AL Ternate dan Masjid Raya Annuur Buli. Juga ke Masjid Al Muhajirin dan Masjid Almujahiddin di Kabupaten Halmahera Timur,” kata Fitrah kepada Suara Islam Online, Senin (5/4/2021).

Fitrah beryukur dalam dalam tim tersebut bergabung seorang penghafal Al-Qur’an, ia adalah Enri Ahmed Paturusi Juara Hafidz Indonesia di salah satu stasiun televisi di Indonesia.

“Selain hafal Al-Qur’an 30 juz, Enri juga bisa menguasai nomor ayat, halaman dan terjemahan. Kehadirannya membuat semangat anak-anak santri TPQ yang kami datangi,” kata Fitrah.

Ia mengungkapkan, kondisi setiap TPQ yang dikunjungi memiliki berbagai keterbatasan, diantaranya kurangnya fasilitas belajar.

“Namun rentan jarak dan minimnya fasilitas yang ada tidak membuat semangat anak-anak di sana untuk belajar Al-Qur’an berkurang, mereka tetap semangat. Hal itu terlihat dari sambutan anak-anak santri yang ada di beberapa kota di pulau Halmahera,” ungkap Fitrah.

Ia mengatakan, Program Tim Tebar Quran & Iqra Indonesia di Maluku Utara masih terus berjalan. “Pekan depan kami akan ke Pulau Morotai dan Pulau Makian dalam program yang sama. Karena itu, kami masih mengharapkan dukungan dan bantuan dari para muhsinin,” tandasnya.

red: adhila

Back to top button