NASIONAL

Bahas Rencana Khatam Qur’an, UBN Koordinasi dengan DKM Jaktim

Jakarta (SI Online) – Puluhan pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Jakarta Timur melakukan pertemuan untuk membahas perhelatan Khatam Qur’an, pada Ahad (10/4/2022) pagi.

Puncak program Khatam Qur’an akan dilaksanakan pada Senin (18/4/2022) bertepatan malam 17 Ramadhan.

Pada pertemuan DKM Jakarta Timur ini diikuti Ustaz Bachtiar Nasir (UBN) yang merupakan penggagas gerakan Khatam Qur’an. Kepada pengurus DKM yang hadir, UBN mengatakan soal rencana kegiatan Khatam Qur’an pada 17 Ramadhan 1443 Hijriah.

Dikatakan UBN, Rasulullah Saw mengulangi berkali-kali bacaan Al-Qur’an pada bulan Ramadhan.

“Kalau Rasulullah saja khatamkan Qur’annya di bulan Ramadhan, maka kita umatnya juga harus mengikuti. Maka ribuan santri baik anak-anak, remaja, dewasa, juga santri yang lansia akan berkumpul, mengkhatamkan Al-Qur’an di hari itu,” kata UBN.

Menurut UBN, di dalam Al-Qur’an disampaikan jika Ramadhan adalah bulan Qur’an. Sementara predikat kedua dari Ramadhan adalah bulan puasa.

“Masyarakat dulu mengenal Ramadhan sebagai bulan puasa, sejatinya Ramadhan itu adalah bulan Qur’an. Dan ini adalah solusi persatuan umat. Karena Qur’an adalah tali Allah kepada kita. Maka dijamin siapa memegang Qur’an, maka hubungannya ke Allah akan kuat,” ungkap UBN.

“Tidak ada yang bisa mempersatukan umat Islam di dalam fitnah hari ini, kecuali Al-Qur’an,” ujar UBN.

Pertemuan silaturrahim ini ditutup dengan pembagian kurma untuk seluruh masjid oleh Tabung Infaq. Juga menghimbau untuk iftar bersama dengan membawa makanan dari rumah masing-masing.

red: farah abdillah

Artikel Terkait

BACA JUGA
Close
Back to top button