#Wabah CoronaINTERNASIONAL

Beda dengan Trump, Ahli Virus AS Sebut Virus Corona Bukan Buatan China

Washington (SI Online) – Pakar gugus tugas virus Corona Amerika Serikat (AS), Dr Anthony Fauci, menolak dugaan yang menyatakan virus Corona baru COVID-19 berasal dari laboratorium di Wuhan, China.

“Bukti terbaik menunjukkan virus di balik pandemi itu tidak dibuat di laboratorium di China,” kata Dr. Anthony Fauci dalam wawancara eksklusif dengan National Geographic yang diterbitkan pada Senin, 4 Mei 2020.

“Segala sesuatu tentang evolusi bertahap dari waktu ke waktu sangat menunjukkan bahwa (virus ini) berevolusi di alam dan kemudian melompat spesies,” imbuhnya seperti dilansir dari Newsweek, Selasa (5/5/2020).

BACA JUGA: Parah, Kasus COVID-19 di AS Capai 1,1 Juta

Ia menambahkan bahwa ia tidak percaya teori alternatif bahwa seseorang menemukan virus Corona di alam liar, membawanya ke laboratorium dan kemudian secara tidak sengaja melepaskannya ke publik.

Pernyataan Fauci bertentangan dengan komentar Presiden AS Donald Trump pada akhir April lalu bahwa ia telah melihat bukti yang meyakinkan bahwa virus Corona berasal dari Institut Virologi (WIV) Wuhan China. Namun, ia tidak mau menunjukkan bukti yang dimaksud.

Pada hari Minggu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan dia telah melihat “bukti besar” yang mendukung teori tersebut, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button