#Wabah CoronaINTERNASIONAL

China Siap Berikan Vaksin COVID-19 untuk Tenaga Medis pada September

Beijing (SI Online – Otoritas kesehatan China mengaku siap memberikan vaksin untuk virus corona jenis baru, COVID-19, kepada petugas kesehatan pada September mendatang. Sedangkan untuk masyarakat umum baru akan tersedia awal tahun depan.

Pengumuman itu disampaikan Kepala Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) China, Dr Gao Fu.

Menurutnya, penggunaan “darurat” vaksin tersebut paling cepat bulan September. Ini berarti vaksin dapat dikembangkan pada waktunya untuk melawan gelombang kedua infeksi COVID-19.

Pengumuman muncul ketika ilmuwan di seluruh dunia berlomba untuk menemukan inokulasi yang efektif terhadap COVID-19, yang secara luas dilihat sebagai satu-satunya cara jangka panjang untuk membendung virus tersebut.

Sementara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan akan membutuhkan waktu 18 bulan untuk menemukan vaksin COVID-19.

Dr Gao, yang juga seorang ahli virologi terkemuka, seperti dikutip South China Morning Post, Sabtu (25/4/2020), mengatakan China dapat mulai meluncurkan satu sebelum akhir tahun.

Jika percobaan berhasil, vaksin pada tahap awal akan diberikan kepada petugas kesehatan dan baru bisa tersedia untuk umum awal tahun depan.

“Vaksin yang baru dikembangkan ini, yang masih dalam uji klinis fase dua atau fase tiga, dapat digunakan untuk beberapa kelompok orang, misalnya pekerja perawatan kesehatan,” katanya kepada China Global Television Network (CGTN).

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button