#Wabah CoronaORMAS ISLAM

FUI Keluarkan Maklumat Persiapan Jika Terjadi Lockdown

Bogor (SI Online) – Forum Umat Islam (FUI) melalui Sekjennya KH Muhammad al Khaththath mengeluarkan maklumat terkait persiapan menghadapi situasi karantina wilayah atau lockdown dalam rangka mengantisipasi wabah virus Corona yang semakin meluas.

Berikut maklumat lengkap FUI yang diterima Suara Islam Online, Senin (30/3/2020):

PERSIAPAN LOCKDOWN CORONA

Alhamdulillah Gubernur DKI Anies Baswedan bersama Forkompida memutuskan menambah masa karantina di DKI atau Work from home (WFH)/Stay@home dua minggu hingga tanggal 19 April 2020.
Beberapa poin yang perlu kita persiapkan :

Pertama, persiapan mental untuk bersabar diam di rumah. Kita harus hadapi dengan senyum. Sebab diamnya kita di rumah hingga 19 April 2020 itu belum apa-apa jika dibandingkan dengan tokoh ulama kita KH. Abu Bakar Ba’asyir yang sudah bertahun-tahun dilockdown oleh rezim di penjara. Juga Mantan Menkes Ibu Siti Fadilah Supari yang pernah melawan WHO soal keadilan terkait virus.

Kedua, persiapan iman harus tetap optimis bahwa hidup mati itu di tangan Allah Al Muhyi Wal Mumiit, bukan di tangan Virus Corona. Sekitar 114 yang wafat setelah terpapar Corona (Ahad, 29 Maret) cukuplah buat kita menjadi penasihat kita (kafaa bilmayyiti waa’zhan) sebagaimana disebut dalam hadits Nabi Saw. Kita yang hidup pasti akan merasakan mati (QS. Ali Imran 185). Bila sudah datang ajal gak bisa maju maupun mundur waktunya (QS. Yunus 49). Bila Malaikat Izrail datang di musim pandemic Corona hari ini bertamu ke rumah kita, ya gak mungkin ditolak, walaupun kita bersembunyi di bunker bawah tanah sekalipun (QS. An Nisa 78).

Ketiga, persiapan fisik agar tetap segar bugar dan punya produksi antibodi yang cukup untuk mengalahkan virus Corona hingga virus terkapar dan kita tetap tegar seandainya virus sempat nyasar ke tubuh kita. Untuk itu persediaan logistic berupa makanan yang sehat bergizi agar cukup, konsumsi buah-buahan cukup, minum air zam-zam, minum jamu empon-empon, juga minum habatus sauda yang kata Nabi Saw. adalah obat segala macam penyakit kecuali mati (Al Hadits). Selain itu sedikit olah raga ringan dan senam peregangan dalam rumah serta berjemur 10-15 menit setelah jam 10.00 wib. Jangan lupa malam jangan banyak begadang, stop dulu merokok, dan jangan dekat-dekat dengan minuman keras dan narkoba. Pokoknya jauhi segala mainan setan (QS. Al Maidah 90-91) sebab pasti merusak ketahanan fisik itu.

Keempat, persiapan sipiritual agar status kita tetap terhubung dengan Allah SWT dengan mendekatkan diri kepada Allah, menambbah intensitas dan frekwensi taqarrub ilallah dengan yang wajib dan sunnah agar dicintai Allah (Al Hadits). Perbanyak sholat termasuk sholat Tasbih, banyak baca Al Quran khususnya QS. Al Kahfi menghadapi akhir zaman dan surat-surat tentang Surga dan Neraka serta kisah-kisah Para Nabi khususnya Ulum Azmi, banyak zikir asamaul husna dan doa-doa mohon diangkat wabah Corona, istighfar dan taubat atas berbagai salah, dosa dan kezaliman kita, serta berbagai sholawat termasuk sholawat tolak bala. Untuk menambah wawasan pandangan Islami menghadapi wabah Corona agar spiritualitas kita semakin mantap kami anjurkan dengan mengikuti pengajian online (live streaming) via instagram, fb, dan chanel Youtube yang banyak dilakukan oleh para ulama. Kami menyelenggarakan pengajian pandangan Islam seputar Corona insyaallah setiap malam hari mulai pukul 20.00-20.30 wib di link instagram sbb:
https://instagram.com/muhammad.khaththath?igshid=i7qgezkyqd3d

Kelima, persiapan ekonomi dengan tetap mendapatkan pendapatan walau stay@home karena kita tetap bekerja dari rumah (WFH) dan bagi yang non job atau jobless perlu kita mencari peluang baru atau kita berbagai peluang dengan mengikuti grup-grup WA Bisnis dan link-link bisnis online. Kami menawarkan kerjasama mencarikan konsumen untuk jual beli secara online untuk barang-barang yang didistribusikan oleh Rempah Muslim Rahmatan Lil Alamin (RMR) yakni Habbasa, G-Men, dan Herbal-V; didistribusikan oleh Bengkel Bumi untuk Jamu Kebal Corona dari Jahe,Kunyit, Kapulaga, dll; dan juga kami buka Marketplace dan fintech muslim RALILA, Rahmatan Lil “alamin Store yang bisa diunduh di Playstore atau klik link sbb:
https://play.google.com/store/apps/details?id=irs.mobile.app.ralilastore

Agar umat yang sedang @stayhome bisa mendaftar di aplikasi murni milik muslim tersebut dan membuka akun/toko dari rumah lalu menjual barang mereka atau barang saudara mereka yang halal dalam toko online di pasar online Ralila. Bagi yang belum punya barang, Ralila Store menyediakan pulsa, kuota internet, dan token listrik untuk dijual kepada konsumennya. Jadi tetap mendapatkan penghasilan walau di rumah.

Itulah lima persiapan yang bisa kita buat untuk menghadapi lockdown ataupun karantina wilayah akibat wabah virus Corona ini. Semoga Allah SWT menolong kita dan memudahkan urusan kita semua.

Bogor, Senin 6 Sya’ban 1441H/30 Maret 2020

FORUM UMAT ISLAM (FUI)
KH. Muhammad Al Khaththath, Sekretaris Jenderal

NB:

  1. Maklumat ini berupa pencerahan dan pengarahan bagi para pimpinan dan aktifis Ormas/Lembaga Islam yang tergabung dalam Forum Umat Islam (FUI) maupun jamaah kaum Muslimin yang bersimpati dan mengikuti FUI.
  2. Maklumat ini harap disebarkan dan diviralkan ke seluruh umat Islam dan pihak manapun yang memerlukan.
  3. Layanan untuk informasi terkait hubungan organisasi silakan hubungi Ganjar Rukmana (0812-9230-2230), untuk teknis silakan hubungi Saudara Luthfi (0823-1026-6293)

red: adhila

Artikel Terkait

Back to top button