NASIONAL

Gubernur Anies Kirim 65 Petugas Bantu Tangani Karhutla di Riau

Jakarta (SI Online) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberangkatkan 65 orang yang tergabung dalam unit Satuan Tugas (Satgas) Terpadu untuk membantu menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ke wilayah yang terdampak asap Karhutla di Sumatera dan Kalimantan.

“Ketika NTB diguncang gempa DKI Jakarta hadir membantu. Ketika Sulteng dihempaskan tsunami, DKI Jakarta hadir membantu. Kini kebakaran hutan-lahan di Sumatera dan Kalimatan terjadi, Jakarta kembali memilih hadir langsung. Kita semua bersaudara, saudara sebangsa,” ungkap Anies melalu media sosialnya yang dipantau Suara Islam Online, Selasa 17 September 2019.

Tim pertama yang dilepas Anies dalam upacara Hari Perhubungan Nasional di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (17/9) itu berasal dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan 25 orang, Dinas Kesehatan 10 orang, BPBD 5 orang, Dinas Sosial 10 orang, tim relawan Jakarta 10 orang, serta tim pendukung 5 orang.

“Keseluruhan tim gelombang pertama ini akan difokuskan penanggulangannya ke daerah Riau, dan nantinya jika diperlukan akan menyusul tim gelombang selanjutnya ke daerah lain tergantung kebutuhan penanggulangan karhutla,” kata Anies.

Anies berharap, tugas yang diemban bukan sebagai pengorbanan, melainkan pengabdian pada bangsa dan negara Indonesia.

“Di dada atau pundak Anda semua ada lambang DKI Jakarta, membawa pesan bahwa masyarakat Jakarta peduli dan ikut turun tangan dalam penanggulangan karhutla, pastikan anda semua datang dengan sepenuh hati agar mereka menyambut anda juga dengan hati dan bisa bekerja sama dengan baik,” ungkap Anies.

Anies berpesan kepada para petugas penanganan karhutla dapat bekerja mengikuti koordinasi dari Badan Nasioanal Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Kita tahu kondisi di sana tidak mudah, paparan asap ada di mana-mana. Karena itu jaga kesehatan teman-teman dengan baik, pastikan selalu fit, sehingga saat nanti kondisi di sana teratasi dan kembali ke Jakarta tetap sehat,” kata Anies.

red: shodiq ramadhan

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close