INTERNASIONAL

Hak Aborsi Dibatalkan: Trump Senang, Biden Kecewa

Washington (SI Online) – Sikap berbeda ditunjukkan mantan Presiden Donald Trump dan Presiden Joe Biden menanggapi dibatalkannya hak aborsi oleh Mahkamah Agung Amerika Serikat.

Donald Trump memuji MA yang memutuskan melarang perempuan untuk aborsi atau menggugurkan janin. Dia menyebutnya sebagai putusan Tuhan.

Baca juga: Mahkamah Agung AS Batalkan Hak Konstitusional untuk Aborsi

“Ini mengikuti Konstitusi, dan mengembalikan hak ketika mereka seharusnya diberikan sejak lama,” kata Trump kepada Fox News setelah mayoritas hakim Mahkamah Agung 6:3 mengatakan masing-masing negara bagian harus diizinkan untuk membuat aturan mereka sendiri tentang aborsi.

Ditanya apakah dia merasa memainkan peran dalam hasil ini, setelah menunjuk tiga hakim agung konservatif ke Mahkamah Agung saat menjabat, Trump mengatakan “Tuhan yang membuat putusan.”

Tetapi tidak lama kemudian, presiden ke-45 AS itu kembali menimpali untuk mengambil pujian atas putusan tersebut.

“Putusan hari ini, yang merupakan kemenangan terbesar untuk kehidupan dalam satu generasi‚Ķ(itu) hanya dimungkinkan karena saya menyampaikan semuanya seperti yang dijanjikan, termasuk mencalonkan dan mendapatkan tiga Konstitusionalis yang sangat dihormati dan kuat dikonfirmasi ke Mahkamah Agung Amerika Serikat,” kata Trump dalam sebuah pernyataan.

Berbeda dengan Trump, Presiden Joe Biden mengecam keras putusan itu. “Ini hari yang menyedihkan bagi pengadilan dan negara,” kata Biden dalam pidato Gedung Putih setelah putusan MA keluar, yang menurutnya membawa negara itu kembali ke era 150 tahun silam.

Biden mempersilakan warga AS untuk melakukan protes damai. Namun dia tidak menoleransi setiap kekerasan.

red: a.syakira

Artikel Terkait

Back to top button