NASIONAL

Human Initiative Kenalkan Panduan Sphere kepada Puluhan Jurnalis

Depok (SI Online) – Lembaga Kemanusiaan Human Initiative (dulu PKPU) mengenalkan “The Sphere Project” kepada para jurnalis dari berbagai media nasional. Sphere merupakan buku panduan yang secara internasional digunakan oleh Organisasi Non-Pemerintah dalam bidang kemanusiaan dan palang merah dalam menangani bencana.

“Kami belajar Sphere ini tiga tahun. Sementara pelatihan ini nggak sampai satu hari, cuma setengah hari,” ungkap fasilitator dari CRS Indonesia, Syahri Ramadhan, saat memulai pelatihan di Depok, Jawa Barat, Selasa 2 Juli 2019.

Syahri secara bergantian, menyampaikan sejumlah materi Sphere bersama dengan Muhammad Kaimuddin, Senior Manager Humanitarian Strategic Relation Human Initiative.

Materi-materi yang disampaikan kepada sekitar 26 jurnalis itu di antaranya, pengenalan Sphere secara umum, piagam kemanusiaan, perlindungan, standar inti kemanusiaan dalam Sphere, kode etik dan highlight isu lintas sektor.

Syahri menjelaskan, Sphere merupakan standar umum untuk bantuan kemanusiaan setelah bencana, baik bencana alam maupun konflik.

Prinsip dasar Sphere adalah bahwa manusia yang terkena dampak bencana memiliki hak untuk hidup bermartabat dan hak untuk mendapat bantuan.

“Sphere ini dibuat setelah pembantaian di Rwanda pada 1994. Saat itu karena penanganan bencana yang tidak tepat, akhirnya bencana setelah bencana pertama malah jauh lebih besar,” kata Syahri.

Sementra itu, terkait pelatihan Sphere ini, Public Relation Manager PKPU Human Initiative, Ferdiansyah mengatakan materi Sphere sangat berguna bagi jurnalis terutama dalam hak dan kewajibannya saat tanggap bencana atau krisis. Apalagi, faktor keamanan  bagi jurnalis dan  pihak yang terlibat dalam situasi krisis juga menjadi perhatian.


“Tidak hanya fokus pada sampainya bantuan di wilayah terdampak bencana atau krisis kemanusiaan saja, namun juga membantu memberikan informasi yang penting tanpa menyinggung perasaan, harkat dan martabatnya,” ungkap Ferdiansyah. 

Bukan hanya materi terkait Sphere, Human Initiative juga menghadirkan jurnalis senior  Lestantya R Baskoro untuk menyampaikan materi teknik penulisan berita kemanusiaan. Lestantyanto juga menyampaikan pedoman pemberitaan ramah anak yang dibuat Dewan Pers.

Red: shodiq ramadhan

Artikel Terkait

Back to top button