LAPORAN KHUSUS

Masjid Amir Hamzah: Dibongkar Jokowi, Dibangun Djarot, Hingga Direvitalisasi Anies

Inilah cerita tentang Masjid Amir Hamzah Taman Ismail Marzuki (TIM). Setelah tujuh tahun menunggu, akhirnya bangunan masjid, yang layak disebut sebagai masjid, terwujud kembali.

Perjuangan untuk mendirikan kembali Masjid Amir Hamzah di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, berakhir manis. Meski tidak dibangun di lokasi awal, seperti permintaan para jemaah selama ini, berdirinya masjid yang ditunggu sekitar tujuh tahun lalu itu patut disyukuri.

Jumat, 3 Juli 2020, disaksikan oleh Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) HM Jusuf Kalla, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan penggunaan Masjid Amir Hamzah TIM.

Baca juga: Gubernur Anies Resmikan Masjid Amir Hamzah TIM

Alhamdulillah, di hari yang mulia, di hari Jumat berkah, kita memulai pemanfaatan Masjid Amir Hamzah yang sudah selesai dikerjakan oleh Jakpro selama satu tahun terakhir ini,” kata Anies dalam sambutannya.

Anies mengatakan, pembangunan kembali masjid ini adalah bagian dari proyek Revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM).

“Kita semua bersyukur bahwa semua yang ditargetkan, amanat yang dititipkan bisa dijalankan dengan baik. Sebagai salah satu bagian dari proses revitalisasi pusat kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki,” kata Anies.

Masjid Amir Hamzah TIM, berkonsep futuristik, clean dan modern. Selain itu juga minimalis dan ramah lingkungan.

Anies berharap masjid ini akan menjadi bagian dari cerita tentang karya-karya yang muncul dari Pusat Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki.

Bagian dalam Masjid Amir Hamzah saat ini.

“Kita berharap bangunan ini bukan saja secara fisik nampak bagus, bukan saja secara fisik bisa dimanfaatkan, tetapi bangunan ini menjadi tempat yang nyaman untuk ide, gagasan, berkembang,” kata dia.

1 2 3 4Laman berikutnya
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close