#Bencana 2021ZISWAF

Masyarakat Padang Kirimkan 340 Kg Rendang untuk Korban Gempa Sulbar

Jakarta (SI Online) – Masyarakat Sumatera Barat melalui Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Sumbar mengirimkan bantuan 340 kg rendang untuk pengungsi korban gempa Sulawesi Barat.

Sekretaris Umum BSMI Sumatera Barat, dr Heni Fitria menyebutkan, ide pengiriman bantuan rendang ke daerah bencana mengingat butuhnya makanan siap saji dan tahan lama di wilayah bencana.

Heni menyebut, pada masa bencana sangat sulit sekali mendapatkan air bersih, peralatan masak minim, dan dapur umum belum bisa dimaksimalkan.

“Maka makanan ready meal to eat merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan logistik terutama pada masa tanggap darurat. Rendang dipilih karena sifatnya tahan lama dan makanan ini bisa diterima oleh kebanyakn masyarakat Indonesia,” papar Heni dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/1/2021).

Heni menerangkan ide ini pertama kali diluncurkan oleh beberapa pengurus Ikatan Ahli Boga (Ikaboga) Padang yang terdiri dari wakil berbagai organisasi termasuk BSMI Sumbar.

“Dengan peran berbagai organisasi dan pemerintah daerah seperti Pemkot Padang, Padang TV, gebu minang, UPI dll maka terkumpullah 340 kg rendang untuk saudara kita di Sulawesi Barat,” ungkap dia.

BSMI lantas mengoordinir, mengumpulkan dana bantuan, dan mengusahakan transportasi serta distribusi logistik sampai ke Sulbar bekerjasama dengan Dewan Pengurus Nasional (DPN) BSMI.

Heni menerangkan, satu pak rendang bisa untuk satu keluarga dengan donasi sebesar Rp50 ribu.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button