#Bencana 2021NASIONAL

ARM HA-IPB Kembali Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Mamuju

Mamuju (SI Online) – Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) menyalurkan 1.000 paket bantuan tahap kedua untuk warga terdampak gempa di beberapa dusun di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Sabtu (30/01).

Tim ARM HA-IPB dipimpin Wakil Sekretaris Jenderal 1, Musbakri Ahmad, serta didukung personel DPD HA-IPB Sulsel dan DPD HA-IPB Sulbar.

Dalam aksi kali ini, ARM HA-IPB mendistribusikan bantuan kemanusiaan ke lima dusun yang paling parah di tiga desa. Kelima dusun itu adalah Dusun Pasada, Dusun Popangan, dan Dusun Adi-adi di Desa Botteng Utara; Dusun Tekbong di Desa Botteng Induk, kedua Desa itu berada di Kecamatan Simboro; serta Dusun Suri, Desa Pasangaan, Kecamatan Tapalang.

ARM HA-IPB menyediakan beragam jenis bantuan kemanusiaan yang amat dibutuhkan warga, sesuai hasil kajian cepat dan masukan dari jaringan relawan Desa Quran pimpinan tokoh filantropi Sunaryo Adhiatmoko. Bantuan kemanusiaan itu berupa terpal untuk tenda, paket hygiene dan sanitasi pribadi, beras, mi instan, perlengkapan kebutuhan kaum perempuan dan lansia (pembalut dan diapers), perlengkapan salat (mukena dan sarung), serta paket bingkisan anak-anak.

“ARM dan mitra-mitranya berkewajiban menyalurkan bantuan ini kepada mereka yang paling membutuhkan. Dan kawasan yang kami pilih ini memang mengalami dampak cukup parah akibat gempa 14-15 Januari 2021 lalu,” ujar Musbakri.

Untuk Desa Botteng Utara saja, misalnya, dengan total penduduk 2.560 jiwa, sekitar 90 persen bangunan rusak berat, termasuk bangunan sekolah dan tiga mesjid. Masih banyak warga yang membutuhkan terpal dan tenda, karena rumah mereka tak bisa dihuni lagi akibat rusak berat.

Baca juga: Pagi Ini, Seribu Paket Bantuan ARM-HA IPB Dikirim ke Mamuju

ARM HA-IPB menyalurkan bantuan

Menurut rencana, ARM HA-IPB masih akan melanjutkan misi kemanusiaan di Sulawesi Barat dengan mengirimkan bantuan tahap ketiga. Sasaran bantuan tahap ketiga adalah pengadaan air bersih dan sanitasi (water and sanitation) serta dukungan renovasi mesjid.

“Air bersih dan rumah ibadah adalah kebutuhan mendesak warga. Hal ini kami identifikasi setelah berdiskusi dengan masyarakat dan jaringan relawan yang bergiat di Botteng Utara,” kata Ahmad Husein, Ketua Umum ARM HA-IPB.

Bantuan kemanusiaan yang disalurkan hari ini tak lepas dari dukungan para mitra yang menyalurkan donasi mereka melalui ARM HA-IPB. Mereka adalah DPD HA-IPB Sulsel, Yayasan Jendela Kemanusiaan Lestari (JKL), DPD HA-IPB Sulawesi Tenggara, Sekolah Bisnis IPB (SB IPB), Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) Masjid Alumni IPB, Trans Berkah Makmur, Anthoceros (kelompok 9 TPB Angkatan 20), dan Sirius (Badan Eksekutif Mahasiswa) FPIK-IPB.

red: adhila

Artikel Terkait

Back to top button