NUIM HIDAYAT

Mengapa Perlu Ada Nabi?

“Pandangannya (Nabi) menembus kepada perkara yang pelik-pelik yang tidak dapat dicapai oleh pandangan orang-orang lain dan tidak dapat difahami mereka, meskipun mereka menumpahkan segenap tenaga mereka bertahun-tahun. Akal yang sehat dapat menerima semua apa yang dikatakannya dan semua hati menjadi saksi atas kebenaran apa yang diterangkannya.”

Ulama besar Pakistan ini melanjutkan: “Nabi itu adalah suci fitrahnya dan bersih perangainya. Ia tidak menempuh dalam tiap-tiap urusannya kecuali jalan kebenaran, kesucian dan keutamaan. Ia tidak mendatangkan dalam perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatannya sesuatu yang tidak sesuai dengan kebenaran. Ia memberi petunjuk kepada jalan yang benar dan mendahului orang lain dalam melaksanakan apa yang diperintahkannya kepada orang banyak. Sukar untuk mendapatkan satu contoh di dalam kehidupannya yang menunjukkan bahwa perbuatannya bertentangan dengan perkataannya. Ia tahan menderita kemudharatan demi untuk kemaslahatan orang lain, dan tidak memudharatkan mereka untuk kemaslahatan dirinya. Hidupnya seluruhnya merupakan kebenaran, kemuliaan, kejujuran, ketulusan niat, cita-cita yang luhur dan perikemanusiaan yang tinggi yang tidak ada cacatnya. Semua ini memberikan kesaksian yang berbicara, bahwa Nabi Allah yang benar ini diutus kepada manusia untuk member petunjuk kepada mereka.”

Maududi kemudian menjelaskan tentang asal manusia dari Adam. Adam diangkat oleh Allah saat itu menjadi Nabi membimbing manusia yang belum banyak jumlahnya. Mereka diseru Nabi Adam untuk menyembah Allah yang satu. Keturunan Nabi Adam ini terus berkembang dan anak cucunya akhirnya ada yang menuruti nafsu atau syetan dalam melakukan penyembahan. Sehingga mereka akhirnya ada yang menyembah pohon, patung, matahari dan lain-lain. Masing-masing umat itu akhirnya mempunyai faham sendiri-sendiri. Allah Suhbhanahu Wata’ala kemudian mengirimkan Nabi/Rasul yang berganti-ganti kepada mereka. Di antara mereka ada yang taat ada yang maksiyat.

Menurutnya, sepeninggal Nabi, mereka seringkali mengadakan penyembahan yang berbeda dengan yang diserukan Nabi. Ada yang menyembah patung yang diserupakan Nabi, menyembah Nabi sebagai anak Allah dan seterusnya.

Manusia kemudian membutuhkan agama yang lengkap yang bisa menjadi panduan bagi seluruh umat manusia di dunia. Agama Budha bukanlah suatu agama yang lengkap. Ia hanya mengandung prinsip-prinsip akhlak.

Tetapi meskipun demikian, ia telah tersebar di negeri-negeri China, Jepang dan Mongolia di satu pihak, di Afghanistan dan Bukhara di pihak yang lain. Kemudian datang agama Masehi beberapa abad kemudian. Tidak diragukan bahwa Al Masih (Messiah) telah membawa ajaran Islam yang murni. Tetapi orang-orang yang datang sesudahnya telah mencampur agama ini dengan apa yang dikehendaki mereka dari mereka sendiri, hingga ia menjadi suatu agama yang kurang, yang dinamai mereka agama Masehi.

Meskipun demikian agama Masehi itu telah tersiar di Persia, Afrika dan Eropa, satu hal yang menunjukkan bahwa dunia pada masa itu sedang haus kepada suatu agama sedunia yang lengkap,” jelas ulama besar ini dalam bukunya Mabaadi’ul Islam (Prinsip-Prinsip Islam).

Akhirnya Allah menurunkan Nabi Muhammad kepada bangsa Arab. Arab yang letaknya di antara benua Asia dan Afrika dan dekat dengan Eropa.

Penduduknya juga mempunyai sifat-sifat yang ‘bagus’. “Adalah orang-orang Arab itu gagah-gagah dan berani-berani, tidak mengenal takut dan gentar, terbuka tangannya, menepati janji, merdeka berfikir dan menentukan pendapat, cinta kepada kemerdekaan dan kebebasan dan mengutamakan keduanya dari segala sesuatu yang lain. Semangat berani mati untuk membela kehormatan mengalir dalam urat nadi mereka. Mereka hidup dengan cara yang sederhana, tidak mengenal kemewahan dan kenikmatan. Tidak diragukan bahwa pada mereka terdapat banyak keburukan dan perbuatan mungkar. Tetapi pada hakikatnya sebab dari timbulnya keburukan-keburukan ini , tidak lain karena tidak adanya seorang Rasul dari Allah kepada mereka …”

Maududi melanjutkan: “Kemudian perhatikanlah bahasa Arab! Jika Anda baca bahasa ini dan Anda pelajari kesusastraannya, niscaya ternyata bagi Anda dan tidak ada keraguan sedikitpun, bahwa tidak mungkin ada sesuatu bahasa di dunia yang lebih pantas dari bahasa ini untuk melahirkan pemikiran-pemikiran yang luhur dan menjelaskan makna-makna ilmu ketuhanan yang halus dan memberi pengaruh kepada segala hati.

Dengan kalimat-kalimat yang pendek dari bahasa ini, Anda dapat menjelaskan berbagai masalah yang penting. Ini adalah mempunyai pengaruh yang kuat pada hati manusia. Makna-makna Al-Quranul Karim sangat berhajat kepada bahasa seperti ini. Jika demikian karena kebijaksanaan Allah Yang Maha Sempurna dan rahmatNya yang meliputi sekalian hambanya, dipilihnyalah tanah Arab untuk kenabian sedunia.”

Laman sebelumnya 1 2 3 4Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button