#Wabah CoronaINTERNASIONAL

Pandemi Covid-19 Memburuk, WHO: Bukan Saatnya Bersantai

Jakarta (SI Online) – Meski terdapat kemajuan dalam memerangi virus Corona di Eropa, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan pandemi tersebut “memburuk” di seluruh dunia.

Hingga kini, lebih dari tujuh juta kasus positif virus corona telah terkonfirmasi dan 404.000 orang meninggal dunia sejak pandemi Covid-19 dimulai.

“Pandemi ini telah berlangsung selama lebih dari enam bulan, ini bukan saatnya bagi negara manapun untuk bersantai,” kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dilansir BBC News Indonesia.

Dalam jumpa pers, Senin (08/06), Tedros mengatakan kepada wartawan, lebih dari 100.000 kasus telah dilaporkan dalam sembilan dari 10 hari terakhir.

Kemudian 75% dari kasus pada Ahad (07/06) berasal dari 10 negara saja—sebagian besar di benua Amerika dan Asia. “Di negara-negara ini, ancaman terbesar adalah berpuas diri,” ujarnya.

“Berbagai hasil dari kajian-kajian yang meneliti berapa banyak populasi yang terpapar virus menunjukkan sebagian besar orang di dunia masih rentan terinfeksi,” tambahnya.

Ucapan tersebut mengemuka ketika kajian yang dilakoni sebuah tim di Imperial College London menyatakan “jumlah kematian akan sangat besar” di Eropa tanpa pemberlakuan ‘lockdown’.

Tim itu mengestimasi 3,2 juta orang bakal meninggal dunia pada 4 Mei jika langkah-langkah, seperti menutup toko-toko dan perkantoran serta meminta khalayak tinggal di rumah, tidak dilakukan.

sumber: BBC News Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close