ORMAS ISLAM

Rakerwil Dewan Da’wah Jawa Barat 2021 untuk Mengokohkan Dakwah

Bandung (SI Online) – Pengurus Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Jawa Barat sukses menggelar kegiatan rapat kerja wilayah (rakerwil). Acara yang berlangsung di Villa Sari Alam Subang ini berlangsung penuh khidmat selamat dua hari, yakni Sabtu-Ahad (20-21/3/2021).

Rakerwil ini dalam rangka mewujudkan visi menjadi lembaga dakwah yang profesional, tangguh istiqamah dalam menegakkan dawah Ilallahi.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Majlis Syuro Dewan Da’wah Jabar HM. Daud Gunawan, Wakil Ketua Majelis Syura Dr. Hadiyanto A. Rachim, dan Anggota Majlis Syuro Mukhsin MK.

Rapat diikuti Ketua Dewan Da’wah Jawa Barat dan empat orang Wakilnya, Sekretaris, Kepala Sekretariat dan Bendahara, serta Para Ketua Bidang dan Badan Otonom yaitu Muslimat dan Laznas Dewan Da’wah Jawa Barat

Dalam pembukaan Rakerwil ini Ketua Majlis Syuro HM. Daud Gunawan menyampaikan tausiahnya akan pentingnya para pengurus menjaga niat dalam menjalankan organisasi untuk senantiasa berorientasi keselamatan kemenangan serta kebahagiaan di akherat kelak.

Sementara dalam pembekalannya, Dr Adian Husaini, Ketua Umum Dewan Da’wah Pusat, mempresentasikan roadmap ”Peran Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia dalam Mewujudkan Indonesia Adil dan Makmur 2020-2045.”

“Peta jalan dakwah ini nantinya kita breakdown lagi dengan capaian-capaian strategis dalam setiap lima tahunnya,” ungkapnya dalam keterangan tertulisnya.

Adian juga menyampaikan pentingnya menyusun program kerja dengan merujuk pada lima misi atau fungsi gerak Dewan Da’wah yaitu: Mengokohkan dan Mengawal Akidah, Menegakkan Syariah, Mempererat Ukhuwah, Menjaga NKRI, dan Menggalang Solidaritas Dunia Islam.

Ketua Dewan Da’wah Jawa Barat, Ustadz Roinul Balad, mengatakan saat ini telah ada pengurus perwakilan di 27 Kota/Kabupaten se-Jawa Barat.

menurut Roin, para pengurus juga mengelola lembaga pendidikan mulai RA, PAUD, Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah, Asrama Yatim di beberapa Kota Kabupaten dan kampus ADI (Akademi Dakwah Indonesia) Dewan Da’wah Jawa Barat, serta menempatkan 230 dai yang tersebar 27 Kota Kabupaten se-Jawa Barat.

“Merekalah yang memakmurkan Masjid yang didirikan dan dibina Dewan Da’wah Jawa Barat dan masjid yang berafiliasi pada lembaga dakwah ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan akhir, Wakil Ketua Majelis Syura Dr. Hadiyanto A Rachim memberikan arahan sekaligus mengajak kepada semua pengurus Dewan Da’wah Jawa Barat untuk tetap menjaga ruhul jihad dengan berkomitmen kepada ayat “wa man ahsanu qaulan min man da’aa ilallah” dan senantiasa menjaga kemandirian dakwah tidak tergantung kepada pihak manapun dalam menolong agama Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Yakinlah pada janji Allah bahwa barangsiapa yang menolong agama Islam berarti menolong agama Allah dan Pasti Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan menolong kita,” ajaknya.

rep: suwandi

Artikel Terkait

BACA JUGA
Close
Back to top button