#Wabah CoronaINTERNASIONAL

Rindu Berjamaah, Puluhan Ribu Umat Islam Shalat Jumat di Masjidil Aqsa

Al Quds (SI Online) – Setelah beberapa pekan tidak bisa berjamaah di masjid akibat adanya virus COVID-19, akhirnya puluhan ribu warga di Palestina bisa melepas kerinduan dengan menunaikan shalat Jumat di Masjidil Aqsa.

Direktur Masjidil Aqsa, Umar al-Kaswani mengatakan, lebih dari 50 ribu jamaah hadir ke Al-Aqsa dan menunaikan shalat di halaman dan di dalam masjid di kawasan komplek Al-Aqsa.

Dilansir Pusat Informasi Palestina, Jumat (5/5/2020), dikabarkan bahwa sejak pagi ribuan kaum muslimin dari Al-Quds dan wilayah Palestina 48, bersama keluarga mereka hadir ke Masjidil Aqsa untuk menunaikan shalat.

Khatib Al-Aqsha, syekh Mohammad Salim menyerukan untuk mempertahankan Al-Aqsa, dan memprioritaskan untuk hadir dan bersiaga di Al-Aqsa, karena wibawa kaum muslimin dimulai dari Baitul Maqdis.

Syekh Salim menegaskan, kendali Al-Quds dan Al-Aqsa berada di tangan hamba-hamba Allah yang berserah diri kepada-Nya.

Khatib Masjidil Aqsa mengkritisi sejumlah upaya yang dilakukan oknum di pemerintahan Ramallah, yang hendak menerapkan aturan berdasarkan kesepakatan yang penuh dosa dan kekufuran, yang bisa menghancurkan keluarga Muslim.

Sebelumnya para aktifis Al-Quds menyerukan untuk berpartisipasi dalam menghidupkan shalat subuh dan Jumat di Masjidil Aqsa, yaitu Jumat pertama setelah penutupan lebih dari 2 bulan akibat virus corona.

Para aktifis menegaskan bahwa kehadiran untuk memakmurkan shalat subuh menjadi bukti bahwa wibawa umat Islam tetap hadir, dan konsisten membela tempat sucinya.

Masjidil Aqsa kembali dibuka pada Ahad lalu, setelah 69 hari ditutup akibat wabah corona, di tengah ancaman rencana yahudisasi, yang hendak membagi Al-Aqsa secara waktu dan tempat, antara kaum muslimin dan kaum yahudi, serta rencana membangun kuil yahudi.

red: adhila

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close