NASIONAL

RS Islam Bogor Serahkan Bantuan Langsung untuk Korban Gempa Turki

Bogor (SI Online) РPada Senin pekan lalu, 6 Februari 2023 dinihari dua gempa bumi mengguncang bagian selatan negara Turki, masing-masing berkekuatan 7,8 Magnitude dengan pusat gempa di Kahramanmaras.

Wilayah terdampak gempa meliputi sembilan provinsi lainnya yaitu Hatay, Gaziantep, Adiyaman, Malatya, Adana, Diyarbakir, Kilis, Osmaniye, serta Sanliurfa. Sampai saat ini korban wafat 41.132 orang dan lebih 100.000 orang luka-luka.

Misi kemanusiaan pun berdatangan, termasuk dari Indonesia. Yayasan Rumah Sakit Islam Bogor dan Sahabat Haji Bogor tergerak untuk ikut membantu dan mengkoordinir donasi para muhsinin.

“Sampai dengan Rabu 15 Februari telah terkumpul sekitar 85.000 Lira Turki. Atas arahan Kedutaan Besar RI di Ankara, donasi telah diberikan ke beberapa relawan Indonesia di Turki,” ungkap Ketua Yayasan RS Islam Bogor Dr. Ir. Dwi Sudharto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/2/2023).

Sebelumnya, pada Selasa 14 Febuari 2023 bertempat di rumah makan Dubb Kebab, Istambul, Ketua Yayasan RS Islam Bogor bersama tim telah menyerahkan bantuan kepada Fardal (Kontributor Metro TV) di Turki untuk diberikan kepada Ira relawan Indonesia untuk membantu pengungsi di Kota Malatya (700 km dari Istambul) uang tunai sebesar 20.000 Lira Turki.

“Selanjutnya pada Rabu 15 Februari 2023 bertempat di Hotel La Quinta Istambul juga telah diserahkan bantuan kepada relawan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Turki sebesar 40.000 Lira Turki yang diterima oleh Ikhlasul Amal Mahasiswa Indonesia di Turki. Sebelumnya juga telah diberikan bantuan dana 1.000 Lira kepada Aping relawan dari Atap Indonesia. Dalam beberapa hari ke depan akan diserahkan bantuan untuk relawan lainnya,” ungkap Dwi.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Yayasan RS Islam Bogor berharap agar para relawan Indonesia diberikan kemudahan, kelancaran dan kesehatan oleh Allah Ta’ala dalam upaya kemanusiaan di Turki.

“Kami ucapkan terima kasih kepada para muhsinin yang telah memberikan bantuan. Semoga menjadi amal jariah. Aamiin,” tandas Dwi.

red: adhila

Artikel Terkait

Back to top button