NASIONAL

Soal Wardah, Aktivis Gay Hartoyo Ternyata Sebar Hoaks

Jakarta (SI Online) – Salah satu penyuka sesama jenis (homo), Hartoyo, menyebarkan hoaks terkait Wardah yang ia tuduh mendukung ‘kegiatan kebencian pada kelompok lain.”

Melalui akun Facebooknya pada 22 Januari 2020, aktivis LGBT itu mengunggah sebuah gambar poster sebuah acara diskusi dengan judul “Bahaya FEMINISME & LGBT”.

Dalam gambar tersebut tertulis bahwa acara tersebut akan diisi oleh Ustaz Dr. Henri Shalahuddin. Acara tersebut rencanannya akan digelar di Masjid Jami’ Al-Mukhlishin, Bumi Malaka Asri 1, Malaka Sari, Jakarta Timur pada Sabtu 25 Januari 2020.

Dalam gambar poster tersebut, tertulis produsen kosmetik Wardah sebagai sponsor acara tersebut. Akun Har Toyo kemudian menambahkan narasi dalam konten yang diunggahnya.

“Bagi yang pakai Wardah, duit kita ternyata dipakai untuk support kegiatan kebencian pada kelompok lain,” tulis akun facebook Har Toyo.

Aktivis LGBT, Hartoyo.

Pihak Wardah telah mengklarifikasi hal ini. Wardah membantah secara resmi mensponsori kegiatan tersebut. Informasi ini dikutip dari akun twitter produsen kosmetik Wardah, @wardahbeauty.

“Dengan ini kami selaku produsen Wardah menyampaikan bahwa pemakaian logo Wardah di poster tersebut dilakukan tanpa persetujuan dari kami dan kami tidak mensponsori kegiatan tersebut,” tambah @wardahbeauty.

Dengan penjelasan produsen kosmetik Wardah yang mengaku tidak pernah mensponsori kegiatan diskusi tersebut artinya narasi yang disebarkan oleh akun facebook Har Toyo tidak sesuai dengan fakta sebenarnya alias hoaks.

red: asyakira/dbs

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close