IBADAH

Subuh Itu, Cerita tentang Sepinya Pecinta Akhirat

Ramainya dunia diisi ketika fajar menyingsing, betapa hening dan sepinya sebelum itu. Hanya mereka para pecinta akhirat yang meramaikan suasana indah demi menggapai tujuan mulia yang dibentangkan dari Zat Yang Maha Mulia.

Sesungguhnya seseorang manusia hidup diatas keinginannya. Ketika keinginan terbesarnya adalah kehidupan akhirat, maka ia akan berusaha untuk meraih kehidupan akhirat. Tetapi ketika ia keinginannya adalah kehidupan dunia, maka ia pun akan terus berselancar di atas dunia dan ia pun kemudian berat untuk menuju kehidupan akhirat.

Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ كَانَتْ الدُّنْيَا هَمَّهُ فَرَّقَ اللَّهُ عَلَيْهِ أَمْرَهُ وَجَعَلَ فَقْرَهُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ وَلَمْ يَأْتِهِ مِنْ الدُّنْيَا إِلَّا مَا كُتِبَ لَهُ وَمَنْ كَانَتْ الْآخِرَةُ نِيَّتَهُ جَمَعَ اللَّهُ لَهُ أَمْرَهُ وَجَعَلَ غِنَاهُ فِي قَلْبِهِ وَأَتَتْهُ الدُّنْيَا وَهِيَ رَاغِمَةٌ

“Siapa yang keinginan terbesarnya adalah dunia, Allah akan cerai beraikan urusannya dan Allah akan jadikan kefakiran itu di pelupuk matanya dan dunia pun tidak akan mendatanginya kecuali sesuai dengan yang ditakdirkan saja untuknya. Tapi siapa yang keinginan terbesarnya adalah kehidupan akhirat, Allah akan kokohkan urusannya dan Allah akan jadikan kekayaan itu di hatinya, serta dunia pun akan mendatanginya dalam keadaan dunia hina di matanya.” (HR. Tirmidzi)

Indahnya subuh adalah mengetahui bahwa Allah Ta’ala memilih kalian untuk berada di antara orang-orang yang beribadah kepada-Nya demi menggapai keridhoanNya, sementara kebanyakan orang lain di muka bumi ini sedang tertidur pulas.

Subuh adalah kesempatan untuk menilai diri sendiri tentang seberapa cinta dan dekat diri kalian dengan Allah Ta’ala. Seberapa besar kalian menginginkan surga? Sanggupkah kalian meninggalkan tempat tidur untuk kemudian bersegera bersujud kepada Tuhanmu?

Satu siksaan di alam kubur akan membuat kalian menyesali setiap pagi dalam hidup kalian yang dahulu kalian enggan bangun untuk shalat subuh. Kuatkan diri untuk memberikan 5 menit waktu tidur kalian kepada Allah Ta’ala yang telah memberikan berbagai nikmat yang tak terhitung jumlahnya kepada kalian.

Untuk itu, agar iman kalian teguh, agar keyakinan kalian tak rapuh, agar menjadi berkah seluruh hidup kalian, agar Allah Ta’ala selalu memberi petunjuk kepada jalan yang lurus, jagalah shalat kalian, terutama mulai dari subuh.

Wallahu a’lam

Abu Miqdam
Komunitas Akhlaq Mulia

Back to top button