#Wabah CoronaINTERNASIONAL

Virus Corona Makin Meluas, Seluruh Italia ‘Lockdown’

Jakarta (SI Online) – Pemerintah Italia kini memberlakukan wajib karantina (lockdown) di seluruh wilayah negara Eropa itu saat wabah virus corona makin meluas. Kebijakan ini diumumkan oleh Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte.

Awalnya, Italia hanya memberlakukan ‘lockdown’ di kawasan utara saja, namun kini meluas di penjuru negeri.

Seluruh Italia sekarang dikurung dengan “zona merah” virus diberlakukan. Langkah itu diambil setelah korban tewas bertambah 97 orang hanya dalam satu hari.

“Pemberlakuan zona merah kini diperluas ke seluruh wilayah negeri,” kata Conte pada Senin malam waktu setempat atau Selasa pagi WIB, seperti dikutip stasiun berita CNN.

Dengan kebijakan ‘lockdown’ itu, seluruh warga di Italia wajib karantina di tempat masing-masing, tidak boleh bepergian. Bila terpaksa keluar karena urusan darurat, mereka harus ada izin pihak berwenang. Semua tempat rekreasi dan fasilitas umum ditutup.

Menurut stasiun berita BBC, langkah itu dibarengi dengan penutupan pusat kebugaran, kolam renang, kelab malam, museum dan resor ski di seantero Italia. Semua sekolah dan universitas ditutup sampai awal April

Dan semua kompetisi olahraga profesional, termasuk pertandingan sepak bola Serie A, bakal dilangsungkan tanpa penonton selama sebulan.

Kebijakan ‘lockdown’ ini terpaksa dilakukan saat makin bertambahnya kasus infeksi virus corona di Italia, begitu pula dengan jumlah penderita yang tewas.

Jumlah kasus COVID-19 di Italia hingga Selasa pagi (10/3) mencapai 9.172 dengan korban meninggal 463 orang. Italia menjadi negara terparah kedua setelah China yang memiliki 80.754 kasus dengan 3.136 orang meninggal.

red: asyakira/dbs

Artikel Terkait

Back to top button