#Bencana 2021DAERAH

WMI Adakan Sarasehan Kesiapsiagaan Bencana Banjir

Depok (SI Online) – Wahana Muda Indonesia (WMI) menggelar Sarasehan Kesiapsiagaan Bencana Banjir 2021. Kegiatan ini melibatkan sejumlah komunitas relawan peduli lingkungan hidup.

Direktur WMI Care Zainul Muttaqin mengatakan sarasehan itu digelar bertujuan mensinergikan komunitas-komunitas relawan untuk menghadapi potensi bencana di Indonesia.

“WMI menginisiasi sarasehan ini untuk mengawali kegiatan-kegiatan ke depan terkait kebencanaan, kemanusiaan, dan lingkunan hidup,” kata Zainul saat memberi sambutan di Markas Komunitas Ciliwung Depok, pinggir Sungai Ciliwung, Depok, Rabu (30/12/2020).

Menurut Zainul, kegiatan kesiapsiagaan bencana rencananya tidak hanya di Jakarta, melainkan juga di berbagai wilayah dan provinsi di Indonesia. Lebih dari itu, lanjut Zainul, komunitas yang terlibat dalam sarasehan akan menyusun program jangka panjang terkait lingkungan hidup. Namun, penyusunan program tidak dibahas pada malam ini.

“Karena, seperti saya sampaikan malam ini awalan saja untuk membuat kegiatan-kegiatan lanjutan ke depannya,” ujarnya.

Tambah Zainul, latar belakang sarasehan berangkat dari keperihatinan masih banyaknya komunitas-komunitas peduli lingkungan hidup asyik dengan dunianya sendiri, tidak melakukan sinergi dengan sesama komunitas lainnya.

“Padahal, bila bergerak bersama akan menghasilkan dampak yang besar dalam penanganan lingkungan hidup,” cetus pria berperawakan tambun ini.

Sementara itu, Sekjen WMI Nur S Azhari dalam kesempatan sambutan mengingatkan bahwa Indonesia secara geografis berada di kawasan jajaran pegunungan berapi atau “ring of fire”. Kondisi ini sangat rawan terjadinya potensi bencana alam seperti tsunami, banjir, gempa, dan likuifaksi.

Apalagi, menurut badan-badan resmi pemantau iklim dan cuaca, Indonesia termasuk wilayah rawan diterjang badai La Nina.

“Saya berharap sarasehan ini dapat menghasilkan kesepahaman bersama untuk menghadapi ancaman bencana La Nina ke depan. Termasuk kesepahaman untuk menghadapi pandemi saat ini,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button