SILATURAHIM

Ponpes Ulil Albaab Gelar Reuni Akbar Bertajuk Sinergi untuk Negeri

Bogor (SI Online) – Pondok Pesantren Mahasiswa dan Sarjana (PPMS) Ulil Albaab menggelar Reuni Akbar yang berlangsung sepanjang Sabtu hingga Ahad, 6-7 Juli 2024, di Masjid Ibn Khaldun, Kota Bogor. Jawa Barat.

Acara ini dihadiri sekira seratus alumni dari berbagai angkatan, para pengajar dan tamu undangan. Dengan tujuan utama mempererat tali silaturahmi dan mengenang kembali masa-masa indah di pesantren.

Reuni Akbar ini mengusung tema “Sinergi untuk Negeri” yang bertujuan untuk memperkuat hubungan antar alumni serta mengukuhkan Kembali ikatan emosional dengan almamater. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diisi dengan berbagai acara yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh santri dan sambutan Ketua Alumni Hendri Tanjung.

Dalam sambutannya Ustaz Hendri menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antar alumni.

“Reuni ini bukan sekadar ajang nostalgia, tetapi juga sebagai platform untuk membangun sinergi yang kuat demi kemajuan negeri. Mari kita manfaatkan jaringan alumni untuk berkontribusi lebih besar bagi masyarakat,” ujarnya.

Sambutan berikutnya disampaikan pimpinan PPMS Ulil Albaab, KH Ahmad Alim. Dalam pidatonya, Ahmad Alim menggarisbawahi peran penting alumni dalam mendukung perkembangan pesantren dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat.

“Kami berharap reuni ini menjadi momentum untuk memperkuat tali persaudaraan dan kerja sama yang lebih erat antar alumni,” katanya.

Acara inti dari Reuni Akbar ini adalah tausiah dan nasihat dari KH Didin Hafidhuddin. Dalam tausiahnya beliau mengingatkan pentingnya menjaga nilai-nilai keislaman dan terus belajar menimba ilmu, haus akan ilmu dan berkhidmat kepada umat melalui pembinaan masjid.

“Hati ini harus senantiasa tertaut dengan masjid, terus raih ilmu setinggi mungkin, kuasai ilmu agama dan ilmu-ilmu lainnya, intinya umat Islam harus kuat dalam beribadah dan kuat dalam bidang ekonomi. Karena sembilan dari 10 sahabat yang masuk surga tanpa hisab adalah pengusaha. Maka jadilah ahli ibadah yang juga mumpuni secara ekonomi,” tuturnya.

Sebagai penutup, Ustaz Oking Setia Priyatna, memimpin doa yang penuh khidmat, beliau memohon kepada Allah SWT agar KH Didin Hafidhduddin senantiasa diberikan umur yang panjang dan sealu sehat wal afiat.

“Kita masih sangat membutuhkan bimbingan Kiai Didin dalam mengarungi perjalanan bangsa dan umat ini. Ustaz Oking juga mendoakan agar seluruh alumni selalu di beri kesehatan dan kelancaran dalam segala urusannya. Semoga semua alumni PPMS Ulil Albaab selalu dalam keadaan sehat wal afiat dan segala urusannya dimudah oleh Allah SWT,” pungkasnya.

Setelah penutupan, masih ada beberapa rangkaian acara Reuni Akbar PPMS Ulil Albaab ini, diantaranya: Qiyamulail dan Muhasabah pada seperiga malam. Yang dilanjutkan dengan shalat Shubuh berjamaah dan kajian tafsir Ahad pagi bersama Kiai Didin. Tentu tidak lengkap jika reuni ini tidak melakukan napak tilas kamar-kamar yang pernah dulu ditempati, tempat dulu taklim dan mengaji, juga diskusi dan bercengkrama semasa nyantri di pondok ini.[]

sumber: beritaunggulan

Back to top button