RIHLAH

Papua Tengah, Provinsi Kaya Sumber Daya Mineral

Papua Tengah adalah provinsi baru di Indonesia bagian timur. Provinsi ini merupakan pemekaran dari provinsi Papua yang disahkan pada 2022 berdasarkan UU No. 15 Tahun 2022.

Ibu kota provinsi ini berada di Kabupaten Nabire. Pada pertengahan 2023, jumlah penduduk Papua Tengah mencapai 1.351.659 jiwa.

Kabupaten Nabire di bagian utara Papua Tengah merupakan dataran rendah berbatasan langsung dengan Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang memiliki potensi pariwisata bahari seperti terumbu karang, pulau-pulau berpasir putih dan hiu paus.

ADS: Anda ingin mengenal organisasi profesi dalam bidang farmasi di Provinsi Papua Tengah? Anda bisa mengunjungi pafipapuatengah.org. PAFI turut mengembangkan profesi kefarmasian di daerah, serta melatih dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya obat-obatan yang aman.

Bagian tengah Papua Tengah terdapat kawasan Danau Paniai dan Pegunungan Jayawijaya. Di provinsi ini terdapat gunung tertinggi di Indonesia yaitu Puncak Jaya yang terdapat gletser abadi serta tambang emas Grasberg yang dioperasikan oleh Freeport Indonesia.

Bagian selatan Papua Tengah adalah Kabupaten Mimika dengan ibu kotanya di Timika, yang merupakan salah satu kota besar di Pulau Papua. Sedangkan topografi Mimika berupa rawa-rawa, sungai, dan pantai.

Sebagai provinsi baru, Papua Tengah disebut telah menorehkan prestasi gemilang dengan menduduki posisi kedelapan sebagai provinsi terkaya di Indonesia.

Berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita, Papua Tengah mencapai angka fantastis sebesar Rp113,50 juta.

Pencapaian ini tidak terlepas dari kekayaan alam yang melimpah di provinsi ini, khususnya sumber daya mineral yang berperan signifikan dalam mendorong ekonomi daerah.

Sebagai provinsi yang kaya akan sumber daya alam, Papua Tengah memiliki beragam potensi yang dapat diolah menjadi sumber pendapatan. Sumber daya mineral seperti emas, tembaga, dan nikel menjadi komoditas utama yang dihasilkan dari perut bumi Papua Tengah.

Sumber Daya Mineral

Selain hasil hutan, Papua Tengah memiliki sumber daya mineral yang sangat kaya seperti emas, perak, tembaga, dan nikel. Beberapa perusahaan pertambangan besar seperti PT Freeport Indonesia dan PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) beroperasi di wilayah Papua Tengah.

Selain pertambangan, Papua Tengah juga memiliki potensi besar di sektor energi terbarukan seperti energi matahari, air, dan angin. Banyak potensi-potensi ini masih perlu dikembangkan secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua Tengah.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

BACA JUGA
Close
Back to top button