#Pilpres 2019OPINI

Di Ambang Kemenangan, Prabowo tak Terbendung

Memasuki kampanye terbuka hari ketujuh, Sabtu (30/3) kita sudah bisa mendapat gambaran siapa yang akan menjadi pemenang Pilpres 2019. Jika situasinya terus berlanjut sampai dua pekan ke depan, hampir dapat dipastikan laju Prabowo-Sandi sepertinya tak terbendung lagi.

Seperti diprediksi Litbang Kompas, rapat terbuka menjadi penentu. Militansi pendukung Prabowo-Sandi jauh lebih unggul di semua indikator.

Membludagnya massa kampanye di semua tempat yang dihadiri oleh Prabowo-Sandi, dan sepinya kampanye Jokowi-Ma’ruf menjadi pembeda yang nyata.

Di Dumai, Riau panitia terpaksa mendatangkan massa dari berbagai daerah untuk membuat kampanye yang dihadiri Jokowi terlihat ramai. Banyak indikasi bahwa massa yang hadir bukanlah pendukung paslon 01. Hal itu terlihat dari berderetnya puluhan bus dengan plat nomor dari luar daerah.

Ketika Jokowi dan istri melakukan selfi, di bawah panggung banyak yang mengacungkan salam dua jari. Seorang pemuda malah nekad naik ke atas panggung dan mengacungkan salam dua jari di depan Jokowi.

Dalam sebuah foto yang dimuat di situs lokal GoRiau.com terlihat seorang pemuda mengenakan kaos putih dan topi merah berdiri di atas panggung dengan salam dua jari. Seorang anggota Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) mencoba mencegahnya, sementara Jokowi dan istri terlihat asyik berselfie ria.

Foto tersebut beredar luas di medsos dengan caption “Foto terkeren abad ini!”. Anehnya tak ada satupun media nasional yang mengunggah berita ini. Setelah ditelusuri foto tersebut juga dimuat di situs gelora.co. Di situs lokal ini malah terlihat sejumlah orang juga mengacungkan salam dua jari persis di depan Jokowi dan Iriana.

Cawapres Ma’ruf Amin seperti telah diprediksi sebelumnya, lebih kesulitan lagi menarik massa pendukung. Kamis (28/3) ketika Jokowi melakukan kampanye terbuka di Kalimantan Timur dan Sulbar, Ma’ruf malah melakukan kunjungan ke pondok pesantren di Yogyakarta. Sebagai lembaga pendidikan, pondok pesantren tidak diperkenankan sebagai tempat kampanye.

Ada tiga pondok pesantren yang didatangi Ma’ruf di kawasan Bantul dan Sleman. Baru pada malam harinya Ma’ruf menghadiri kampanye terbuka di lapangan Lumbung Rejo, Sleman.

1 2 3 4Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button