NASIONAL

Diduga Hina Nabi Muhammad, Andre Taulany Dipolisikan

Jakarta (SI Online) – Komedian Andre Taulany dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan menghina Nabi Muhammad SAW dalam salah satu lawakannya yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi.

Andre dilaporkan oleh seorang advokat bernama Dr Sulistyowati, SH MH dengan pasal penistaan agama pada Sabtu 4 Mei 2019.

Saat dikonfirmasi, Sulis menyampaikan pesan agar jangan sampai ulama bahkan Nabi Muhammad menjadi bahan olokan.

“Saya berharap publik figur harusnya jadi contoh, kalau melawak cari bahan yang lain, jangan perolok-olok ulama kami, ustaz kami apalagi Rasulullah SAW,” jelas Sulis kepada Suara Islam Online, Sabtu (4/5/2019).

Menurutnya, peringatan tersebut tidak hanya untuk pelawak. “Buat siapapun juga, jaga adab terhadap para ustaz kami, ulama kami, bahkan jangan pernah memperolok-olok Baginda Rasulullah, kami Umat Islam pasti tidak terima. Rasulullah pembawa kebenaran sedangkan para ustaz dan ulama adalah yang menuntun kami, ummat Rasulullah yang berjarak begitu jauh rentang waktu dengan Nabi Muhammad agar tetap di jalan kebenaran dan kebajikan menuju ridho Allah SWT.” tegasnya.

Laporan Sulis terdaftar dengan nomor TBL/2727/V/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus tanggal 4 Mei 2019. Perkara yang dilaporkan adalah pasal 156a KUHP tentang Penistaan Agama.

Lawakan Andre yang dipersoalkan adalah saat Andre dan Sule menjadi host dalam sebuah acara televisi. Saat itu Andre dan Sule mewawancarai penyanyi Virzha. Video wawancara mereka kemudian viral di media sosial.

Dalam video itu, Sule awalnya bertanya kepada Virzha tentang alasan dirinya merambah bisnis parfum. Virzha mengaku mengagumi Nabi Muhammad SAW yang wanginya seperti 1.000 bunga.

“Dulu aku pernah baca kisah jadi Nabi Muhammad dulu, dia tuh aromanya 1.000 bunga, jadi berawal dari situ sih, kalau kita bisa wangi kenapa nggak?” ujar Virzha.

“Wangi, memberikan kenyamanan kepada orang-orang,” timpal Sule.

Di sela-sela pembicaraan itu, Andre lalu melontarkan lawakan. Lawakan itulah yang kemudian dinilai telah menghina Rasulullah SAW.

“Aromanya 1.000 bunga? Itu badan apa kebon?” ujar Andre.

red: adhila

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close