INTERNASIONAL

Dokumen Partai Komunis China Bocor, Terungkap Kondisi Muslim Uighur

Xinjiang (SI Online) – Dokumen-dokumen Partai Komunis China yang bocor ke publik mengungkap pencucian otak di dalam kamp-kamp pengasingan komunitas Muslim di wilayah Xinjiang yang diawasi ketat oleh negara itu.

International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) membagikan dokumen tersebut ke 17 mitra media untuk dipublikasikan pada Ahad.

“Dokumen itu termasuk daftar pedoman rahasia yang disetujui oleh pejabat tinggi China untuk mengoperasikan kamp dan mengumpulkan tersangka warga Xinjiang,” ungkap jurnalis ICIJ Bethany Allen-Ebrahimian.

Menurut dokumen tersebut, sekitar satu juta Muslim Uighur ditahan tanpa melalui proses pengadilan dan didoktrin.

Sementara itu, utusan Beijing untuk Inggris mengatakan kepada BBC, salah satu mitra media ICIJ, menyangkal bahwa dokumen itu palsu.

Pemerintah China telah berulang kali mengklaim bahwa kamp tersebut menawarkan pendidikan dan pelatihan sukarela untuk membantu membasmi ekstremisme Islam.

‚ÄúSistem ini mampu mengumpulkan sejumlah besar data pribadi melalui pencarian manual, kamera pendeteksi wajah, dan cara lainnya untuk mengidentifikasi kandidat untuk tahanan, dan menyelidiki ratusan ribu orang karena menggunakan aplikasi ponsel tertentu,” tambah jurnalis itu.

Awal bulan ini, dokumen pemerintah China lainnya bocor ke harian New York Times, yang mengungkapkan rincian tentang ketakutan Beijing terhadap ekstremisme agama.

Para pakar dan juru kampanye PBB mengungkapkan sekitar satu juta warga Uighur dan lainnya, sebagian besar Muslim, telah dikurung di Xinjiang.

sumber: anadolu/bbc

Artikel Terkait

Back to top button