#Wabah CoronaNASIONAL

Dua Obat Ini Diklaim Bisa Obati Corona, Jokowi Sudah Pesan Jutaan

Jakarta (SI Online) – Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah sudah menyiapkan dua jenis obat yaitu Avigan dan Klorokuin Fosfat untuk para pasien penyakit saluran pernafasan karena virus corona jenis baru (COVID-19).

“Pemerintah juga telah menyiapkan obat dari hasil riset dan pengalaman beberapa negara untuk bisa mengobati COVID-19 ini sesuai resep dokter,” kata Presiden Jokowi, Jumat 20 Maret 2020.

Jokowi mengatakan, obat tersebut akan disampaikan langsung ke pasien melalui dokter keliling dari rumah ke rumah.

“Obat tersebut akan sampai ke pasien melalui dokter keliling dari rumah ke rumah melalui rumah sakit dan puskesmas di kawasan terinfeksi,” kata dia.

Jokowi juga meminta BUMN farmasi yang memproduksi obat tersebut untuk memperbanyak produksinya.

“Antivirus sampai sekarang belum ditemukan dan ini yang saya sampaikan itu tadi obat. Obat ini sudah dicoba oleh satu dua tiga negara dan memberikan kesembuhan yaitu Avigan kita telah mendatangkan lima ribu dan dalam proses pemesanan dua juta,” ungkapnya.

Obat kedua adalah Klorokuin Fosfat yang sudah digunakan oleh sepuluh rumah sakit di China untuk pasien COVID-19.

“Kedua, Klorokuin, ini kita telah siap tiga juta. Kecepatan ini yang kita ingin sampaikan, kita tidak diam tapi mencari informasi-informasi apa yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan COVID-19,” tambahnya.

Avigan adalah obat favipiravir yang dikembangkan oleh Fujifilm Toyama Chemical. Fujifilm Toyama mengembangkan obat ini pada 2014. Avigan sudah diberikan pada pasien corona di Jepang sejak Februari.

Uji klinis juga sudah dilakukan pada 200 pasien di rumah sakit Wuhan dan Shenzhen. Hasilnya, mereka negatif dalam waktu singkat dan gejala pneumonia sangat berkurang.

Sedangkan Klorokuin Fosfat yang selama ini dikenal sebagai obat malaria. Klorokuin Fosfat merupakan obat sintetis yang memiliki kandungan yang ada dalam kina dan ampuh dalam menanggulangi infeksi parasit yang menyebabkan malaria di aliran darah.

sumber: ANTARA

Artikel Terkait

Back to top button