#Kriminalisasi UlamaNASIONAL

HRS Tak Pernah Minta Bantuan Yusril

Jakarta (SI Online) – Front Pembela Islam (FPI) menegaskan tidak pernah meminta bantuan hukum kepada Yusril Ihza Mahendra. Penegasan itu disampaikan Sekretaris Umum DPP FPI Munarman.

Penegasan itu disampaikan merespons klaim Yusril yang mengaku menolak memberikan bantuan hukum terhadap Habib Rizieq yang saat ini dijerat kasus hukum sebagai tersangka kasus kerumunan.

Bukan hanya Yusril, FPI juga tidak pernah meminta bantuan pengacara Hotman Paris Hutapea untuk menjadi kuasa hukum Habib Rizieq Syihab.

“Enggak pernah ada dari FPI atau Habib Rizieq permintaan bantuan ke Yusril,” kata Sekum FPI, Munarman, yang juga Koordinator Tim Hukum FPI, di Jakarta, Senin (21/12/2020).

Munarman mengatakan, yang berhak untuk meminta bantuan hukum adalah Habib Rizieq atau keputusan dari pimpinan pusat FPI. Ia menegaskan Habib Rizieq tak pernah sekalipun meminta bantuan kepada Yusril.

“Selama ini Habib Rizieq memang tidak pernah terucap untuk meminta bantuan hukum ke Yusril,” kata mantan Direktur YLBHI itu.

Sebelumnya, Yusril mengklaim sempat diminta bantuan orang dekat tokoh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF-Ulama) Ustaz Bachtiar Nasir untuk membantu Habib Rizieq menghadapi kasus terkait kerumunan massa di Petamburan, Jakarta Pusat.

Yusril kemudian mengaku menyarankan utusan Bachtiar Nasir itu untuk menghubungi Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto karena punya peluang untuk bisa membantunya.

“Silakan menghubungi Pak Prabowo sebagai Menhan, saya yakin Menhan bisa membantu. Saya sudah kafir dan murtad gara-gara mendukung Pak Jokowi menurut versi anda,” kata Yusril dalam video yang beredar di media sosial.

Sementara itu pengacara Hotman Paris Hutapea mengklaim mendapat banyak permintaan dari warganet untuk membantu Habib Rizieq. Namun ia menolak menjadi pengacara Habib Rizieq dengan alasan terlalu sibuk dalam perkara bisnis.

“Ratusan DM (direct message), telepon, tiap hari, entah kenapa mereka serius minta Hotman Paris. Saya enggak tahu. Tapi saya mengatakan saya tidak bisa karena saya terlalu sibuk,” katanya.

red: a.syakira/dbs

Artikel Terkait

Back to top button