#Banjir 2020DAERAH

Inilah Foto-foto Banjir di Calon Ibu Kota, Satu Jembatan Jebol

Penajam Paser Utara (SI Online) – Banjir yang melanda wilayah Desa Bukit Subur dan Kelurahan Riko, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur telah surut.

Sebelumnya dilaporkan banjir dengan tinggi muka air hingga mencapai 1,9 meter yang disebabkan tingginya curah hujan dan pasang surut air laut telah menggenangi permukiman yang dihuni 104 KK/336 jiwa di Desa Bukit Subur dan 11 KK/43 jiwa di Kelurahan Riko RT 04.

Berdasarkan pengamatan BNPB, penyebab terjadinya banjir yang terjadi di Desa Bukit Subur karena badan sungai terjadi pendangkalan, banyaknya kelokan dan adanya sampah yang berlebihan, sehingga menghambat aliran sungai.

Sedangkan untuk Kelurahan Riko disamping intensitas hujan tinggi juga karena secara geografis berada pada dataran rendah, terdapat sungai besar yaitu Sungai Riko dan kondisi akan diperparah manakala kondisi air laut pasang tinggi.

Baca: Calon Ibu Kota Baru Dilaporkan Kebanjiran

Banjir tersebut juga dilaporkan memutus jembatan titian warga karena arus air menggerus tanah penyangga pondasi sehingga kendaraan roda dua dan empat tidak bisa melintas.

Menurut laporan BPBD Penajam Paser Utara, kendala yang dialami tim lapangan ialah sulitnya akses sinyal telekomunikasi yang menyulitkan proses pelaporan hasil assesment berkala.

Berikut adalah foto-foto kondisi banjir di wilayah yang akan dijadikan sebagai Ibu Kota RI itu seperti dilaporkan situs resmi BNPB, Selasa (18/2) kemarin:

red: asyakira
sumber: bnpb.go.id

Artikel Terkait

Back to top button