IBADAH

Jangan Lewatkan Momen Terbukanya Pintu Langit

Karena kebiasaan menganggap sepele segala urusan ibadah maka bisa jadi seseorang akan luput dari bagian keberkahan dari langit.

Padahal amat disayangkan momen yang demikian sering terdengar dan berkumandang dalam satu hari lima kali, namun karena kebodohan jualah yang membuat keberkahan hilang, dan bukan hanya itu saja namun banyak hal yang kalau kita tidak paham maka sia sialah semua urusan.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

إذا نُودي بالصلاةِ فُتِّحتْ أبوابُ السماءِ ، واسْتُجيبَ الدعاءُ

Apabila adzan dikumandangkan, maka terbukalah pintu-pintu langit dan doa dikabulkan.” (Shahih Targhib no. 260 dan Shahih Jaami’ no. 818)

Sebelum zuhur merupakan waktu terbukanya pintu langit, maka itu sangat dianjurkan untuk mengerjakan shalat qabliyah zhuhur serta berdoa yang terbaik.

Sesungguhnya, pintu-pintu langit dibuka hingga tergelincir matahari dan tidaklah tertutup hingga shalat zhuhur, maka aku ingin saat itu yang naik bagi ku adalah suatu kebaikan,” (Hadits Shahih, At Taghrib 584).

Selain itu, pintu langit juga akan dibuka pada saat tengah malam, maka itu jangan pernah sia-siakan waktu ketika terjaga di tengah malam.

Pintu-pintu langit yang dibuka pada saat tengah malam lalu ada suara yang memanggil: ‘Apakah ada orang yang berdoa?, lalu orang itu pun dikabulkan. Apakah ada orang yang meminta?, lalu orang itu pun diberikan. Dan apakah ada orang yang dalam kesulitan?, maka orang itu pun dilapangkan,’” (Shahih Al Jami’ 376).

Menunggu dua waktu shalat juga termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa, karena itu jangan sia-siakan dengan perbuatan yang tidak bermanfaat.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, ”Bergembiralah kalian, Ini adalah Tuhan kalian sungguh Dia telah membuka satu pintu dari pintu-pintu langit dan membanggakan kalian dihadapan para malaikat dengan mengatakan,’Kalian lihatlah hamba-hamba-Ku, mereka telah menyelesaikan suatu kewajibannya dan menanti kewajiban yang lainnya.” (ash Shaihah 661, sunan Ibnu Majah 850)

Waktu lain yang membuat pintu langit terbuka adalah saat kaum muslim berjihad di jalan Allah dan juga saat hujan lebat.

Sesungguhnya pintu-pintu langit terbuka saat barisan (kaum muslimin) yang berjihad di jalan Allah melakukan penyerangan, ketika turun hujan lebat, ketika iqomat untuk melaksanakan shalat wajib maka raihlah keberuntungan didalamnya dengan berdoa.” (al Mausu’ah al Fiqhiyah juz II hal 7163)

Setelah mengetahui waktu-waktu dibukanya pintu langit diatas, pastinya kita tidak akan menyia-siakannya lagi. Segera perbanyak berdoa untuk kebaikan diri, keluarga, dan saudara muslim kita di seluruh penjuru dunia.

Wallahu a’lam

Abu Miqdam
Komunitas Akhlaq Mulia

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close