#Wabah CoronaINTERNASIONAL

Juara Pertama, Kasus Positif Virus Corona di AS Tembus Dua Juta

Washington (SI Online) – Data yang dihimpun Universitas Johns Hopkins menunjukkan, jumlah kasus positif virus corona di Amerika Serikat telah menembus angka dua juta.

Hal ini menjadikan AS sebagai negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia, hampir tiga kali lipat dari Brasil yang menempati peringkat dua dengan 772.416 per Kamis (11/06) siang WIB.

AS juga meraih predikat sebagai negara yang paling banyak melakukan tes, yaitu sekitar 500.000 tes setiap hari. Itu pula yang menjadi salah satu alasan mengapa AS mencatat sekitar 20.000 per hari.

Soal angka kematian, AS pun menempati urutan pertama di dunia.

Dari 416.201 orang yang meninggal akibat virus corona di seantero jagat, 112.924 di antaranya berada di AS. Inggris, yang berada di bawah AS, mencatat 41.213 orang tutup usia akibat Covid-19. Adapun Brasil melaporkan 39.680 kematian. Bagaimanapun, setiap negara mencatat kematian Covid-19 dengan cara berbeda.

Meskipun kasus harian menurun tajam di beberapa wilayah di AS, peningkatan kasus justru berlangsung di 20 negara bagian.

Data harian New York Times menunjukkan kasus harian selama dua pekan terakhir meningkat di:

California; Texas; Florida; North Carolina; Arizona; Tennessee; Washington; South Carolina; Missouri; Utah; Kentucky; Arkansas; Nevada; New Mexico; Oregon; Idaho; Vermont; Hawaii; Alaska; dan Montana.

New York Times menyebut peningkatan ini “sebagian karena beberapa [negara bagian] baru-baru ini memperkuat kapasitas pengujian”.

sumber: BBC News Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close