NASIONAL

Menteri Agama: Pendidikan Agama Mutlak Dipertahankan

Pontianak (SI Online) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan pemerintah tidak akan pernah menghilangkan pendidikan agama di setiap jenjang pendidikan.

“Pendidikan agama adalah mutlak untuk terus dipertahankan dan dikembangkan, karena ini tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan keseharian kita,” kata Lukman saat menutup kegiatan STQ Nasional ke XXV di Pontianak, Jumat malam 5 Juli 2019 seperti dilansir ANTARA.

Menteri Agama menegaskan, pendidikan agama adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari bangsa ini. Kata Lukman, mengamalkan ajaran agama hakikatnya adalah wujud dari pengamalan kita sebagai warga negara.

“Sebaliknya, dalam menunaikan kewajiban kita sebagai negara, hakikatnya adalah bentuk amalan dari ajaran agama yang kita anut,” tuturnya.

Lukman pun menyangkal kabar bahwa sekolah pesantren akan dihapuskan dan diganti menjadi sekolah umum, apalagi berita bohong terkait penghapusan Kementerian Agama.

“Sama sekali tidak benar anggapan bahwa kalau Presiden Jokowi kembali melanjutkan masa jabatan untuk lima tahun ke depan, akan dihilangkan pelajaran agama, akan dihilangkan pesantren menjadi sekolah umum, apalagi akan dihapuskan Kementerian Agama. Itu sama sekali tidak benar,” jelasnya.

Dia menjelaskan Indonesia dengan ideologi dasar Pancasila menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan, yang tercermin pada sila pertama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa.

Lukman menegaskan, isu-isu terkait penghapusan pelajaran agama dan ketiadaan kumandang azan tidak mungkin dilakukan oleh Pemerintah Indonesia, siapapun presidennya.

Sebelumnya Chairman Jababeka Group, S.D Darmono menyarankan Presiden Joko Widodo untuk meniadakan pendidikan agama di sekolah. Menurut dia, pendidikan agama harus menjadi tanggung jawab orang tua serta guru agama masing-masing bukan guru di sekolah.

Pendiri President University itu berpandangan pendidikan agama cukup diberikan di luar sekolah, seperti masjid, gereja, pura, vihara, dan lainnya.

red: farah abdillah

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close