#Tolak RUU HIPNASIONAL

Penulis Buku ‘Aku Bangga Jadi Anak PKI’ Jadi Ketua Panja RUU HIP, Ahmad Yani: DPR Ditunggangi

Jakarta (SI Online) – Mantan anggota DPR RI dari Fraksi PPP, Ahmad Yani, mengungkap sosok di balik Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang kini menjadi sorotan publik.

Saat ditanya siapa yang punya kepentingan dalam RUU HIP, Ahmad Yani blak-blakan menyebut politikus PDIP, Ribka Tjiptaning Proletariyati.

“Ya ini kan, kalau ini kan Ketua Panja-nya Ribka Tjiptaning yang (menulis buku) ‘Aku Bangga Jadi Anak PKI’, gitu loh,” kata Ahmad Yani dalam diskusi online bertajuk ‘Komunisme dan Oligarki di Balik RUU Haluan Ideologi Pancasila’, Sabtu (6/6/2020).

Baca juga: PDIP Tolak TAP MPRS Larangan PKI Masuk ke RUU HIP, Ini Dalih Mereka

Menurut Yani, peran Ketua Panitia Kerja (Panja) dalam penyusunan RUU sangat strategis. Sebab dia bisa mengontrol tim ahli dalam memasukkan atau menghilangkan pasal atau materi RUU.

“Ketua Panja berkuasa penuh dalam teknis. Dia bisa mengontrol yang namanya tim ahli itu, bisa memasukkan (materi),” ungkapnya.

Ahmad Yani juga mengungkap, Ribka Tjiptaning mempunyai catatan buruk dalam menghapus salah satu ayat tembakau dalam Undang-Undang Kesehatan.

“Ribka Tjiptaning kan punya catatan sejarah yang tidak bagus juga, dalam RUU Rokok, tembakau pada waktu itu ada ayat yang dihilangkan,” tandas Ahmad Yani.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button