#Wabah CoronaNASIONAL

Politisi PKS Sarankan PLN Diskon Tarif Listrik Korban PHK

Jakarta (SI Online) – Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Mulyanto, meminta PLN memperluas program diskon biaya listrik bagi pelanggan 900 VA (non subsidi) dan 1.300 VA korban PHK dan pelaku UMKM terdampak pandemi Covid 19.

“Sebab saat ini yang mendapat diskon hanya pelanggan 450 VA dan 900 VA (bersubsidi),” kata Mulyanto dalam keterangan tertulisnya, Kamis 7 Mei 2020.

Padahal, kata Mulyanto, ia melihat masyarakat mulai kesulitan melaksanakan kegiatan ekonomi sehingga berdampak pada berkurangnya pendapatan.

Mengutip data Kementerian Tenaga Kerja dan Kementerian Koperasi, saat ini terdapat sekitar 116 ribu perusahaan, 40 ribu UMKM terkendala operasional yang mengakibatkan terjadinya dua juta kasus PHK akibat pandemi Covid-19.

“Sebagai wujud keprihatinan dan empati terhadap masyarakat korban PHK dan pengusaha kecil yang kesulitan usaha sebaiknya PLN bersedia memberikan keringanan pembayaran tagihan listrik beberapa bulan ke depan,” kata Wakil Ketua FPKS Bidang Industri dan Pembangunan ini.

Berdasarkan perhitungan PKS, dana yang diperlukan untuk melaksanakan diskon tarif tidak terlalu besar namun dampaknya sangat berarti bagi masyarakat.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button