#Bencana 2021NASIONAL

Tangani Banjir, Gubernur Anies Apresiasi Kolaborasi Petugas dan Warga Jakarta

Jakarta (SI Online) – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meninjau pintu air Manggarai, Jakarta Selatan, Ahad, 21 Februari 2021.

Anies menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat, baik dari jajaran Pemprov DKI, hingga warga dan lembaga sosial yang ikut berkolaborasi menanggulangi genangan dan banjir, serta membantu warga terdampak.

Anies mengaku menyaksikan keluarga yang membawa kendaraan berhenti di lokasi genangan. Lalu menurunkan boks makanan, menyerahkan dan lalu pergi lagi.

“Tanpa ada upacara, tanpa ada dokumentasi, semata-mata membantu saudara. Ini terjadi begitu banyak,” ungkap Anies.

Menurut Anies, peristiwa ini menggambarkan bahwa begitu banyak orang baik yang membantu sesama di masa penuh cobaan sekarang ini. Apalagi saat ini masyarakat dalam suasana pandemi.

Anies juga menyampaikan rasa duka mendalam lantaran adanya korban jiwa akibat musibah tersebut. Sebagaimana diketahui, terdapat lima korban meninggal dunia, mayoritas di antaranya masih anak-anak yang sedang bermain saat kejadian berlangsung.

“Saya memberikan instruksi kepada seluruh jajaran dan meminta masyarakat apabila menyaksikan anak-anak bermain di kawasan yang sedang ada genangan, maka ditegur, diajak untuk berhenti,” kata dia.

Ia mengingatkan, bermain di area genangan sangatlah berisiko. Ada lubang, arus yang tak terduga, akhirnya terjadilah peristiwa yang tidak kita inginkan.

“Maka jangan pandang itu seperti anak orang lain, pandanglah seperti anak kita sendiri. Sehingga kita bisa ambil tanggung jawab untuk mengingatkan menegur dan menghentikan agar tidak ada kejadian seperti kemarin,” jelas Anies.

red: farah abdillah

Artikel Terkait

Back to top button