KESEHATAN

Tujuh Masalah yang Sering Dialami Orang Pintar

Sobat, pernahkah kamu bertemu dengan orang pintar? Atau sering disebut orang yang memiliki IQ tinggi?

Sobat, kita biasanya berasumsi bahwa orang pintar adalah orang yang telah ditakdirkan untuk sebuah kesuksesan dan memiliki keuntungan yang lebih besar daripada yang lain. Tapi, pernahkah kamu menyadari bahwa ada beberapa masalah yang muncul karena seseorang itu pintar?

Di artikel ini akan memberi tahu anda tentang masalah-masalah yang kemungkinan muncul bagi orang yang pintar.

Pertama, Tekanan Besar

Semakin pintar seseorang, maka semakin banyak orang-orang yang berekspektasi tinggi. Entah itu dari guru, teman, orang tua. Tekanan inilah yang sering membuat seseorang stres dan sulit fokus jika tidak ditangani dengan baik. Tekanan ini muncul disebabkan karena sejak awal kita sudah membentuk karakter, yaitu sebagai orang yang pintar. Sehingga, di mata orang lain pun mereka menilai kita dengan standar yang berbeda dari orang lain.

Situasi ini sama seperti sebuah peribahasa yang berbunyi: “with great intelligence comes with great expectation.” Yang artinya dengan kecerdasan besar maka datang dengan harapan besar.

Kedua, Memiliki Standar Tinggi

Semua orang memiliki standar untuk dirinya sendiri. Standar ini yang terus membuat orang berubah ke arah yang positif atau negatif. Namun, bagi orang pintar biasanya mereka sibuk memenuhi harapan orang lain sehingga yang dilakukan sibuk belajar saja. Dan pada akhirnya itu semua menuju pada standardisasi diri yang secara tidak disadari semakin tinggi. Hal ini bisa menyebabkan seseorang melupakan jati diri dan hak-haknya sebagai seorang manusia.

Ketiga, Terlalu Detail

Pernahkah kamu bertemu dengan orang pintar yang terlalu menganalisi sesuatu? Biasanya, hal ini sering dialami saat peristiwa kerja sama atau kerja kelompok saat sekolah. Hal ini dapat menyebabkan ada kendala dalam bekerja sama dengan orang lain yang mungkin prinsipnya adalah ‘yang penting selesai’. Makanya, ada beberapa orang pintar yang kita temui cenderung pendiam dan kesulitan bersosialisasi. Itu karena mereka susah menyesuaikan diri mereka dengan orang lain.

Sebuah studi yang dilakukan Davidson pada 2015 menunjukan, orang-orang yang memiliki IQ tinggi cenderung memiliki kecerdasan emosional yang lebih rendah, dimana itu berfungsi membantu kita untuk membentuk hubungan dan mengasah keterampilan sosial.

Keempat, Bisa Mengalami Stres Hebat

Studi Karpinski’s menambah gagasan bahwa orang-orang yang memiliki IQ tinggi dan mungkin menampilkan overexcitabilities sering menderita stres.

Orang pintar biasanya suka berpikir, semakin banyak berpikir maka semakin banyak pro dan kontra yang dikonsumsi oleh otak kita. Hingga saat dihadapkan dengan situasi tertentu ada kemungkinan orang pintar akan mengalami stres. Stres dapat mempengaruhi tubuh yang dapat menyebabkan imun menurun dan sistem metabolisme menjadi tidak teratur, sehingga seseorang mudah terserang penyakit, virus dan tentunya gangguan kesehatan psikologi.

1 2Laman berikutnya
Back to top button