PARENTING

Wah, Otak Pecandu Smartphone Ternyata Serupa dengan Pecandu Narkoba

Hampir semua orang baik di kota besar maupun pelosok memiliki ponsel pintar (smartphone). Bukan hanya untuk melakukan panggilan telepon tapi juga menjadi alat browsing, games, bekerja, merekam video hingga mengambil foto dengan kualitas tinggi.

Dengan makin banyak fungsi yang ada pada smartphone, tak heran beberapa orang menghabiskan kesehariannya di ponsel mereka. Namun ternyata ada bahaya yang mengintai di balik kebiasaan tersebut.

Menurut sebuah penelitian, kecanduan akan smartphone membuat otak sedikit berubah. Otak ini dikatakan mirip dengan apa yang dokter lihat pada seorang pecandu narkoba.

Pengujian tersebut menggunakan mesin Magnetic Resonance Imaging atau MRI. Penelitian tersebut dilakukan pada 48 orang dan 22 orang di antaranya dikatagorikan memiliki kecanduan pada ponsel pintar.

Menurut para peneliti dari Universitas Heidelberg di Jerman, penelitian tersebut bertujuan untuk mempertanyakan ketidakberesan yang ada pada smartphone. Termasuk pada perilaku adiktif terkait penggunaan ponsel itu.

“Mengingat penggunaanya secara meluas dan popularitas yang meningkat, studi ini mempertanyakan ketidakberesan pada smartphone, setidanya pada individu yang mungkin beresiko mengembangkan perilaku adiktif pada smartphone,” ujar para peneliti dikutip laman Uber Gizmo, Senin, 24 Februari 2020.

Hasil studi ini memang bukanlah hal baru. Para raksasa produsen ponsel pun telah berusaha juga mengurangi kecanduan penggunanya pada perangkat tersebut.

Perusahaan seperti Apple dan Google sebelumnya telah memperkenalkan sejumlah fitur pada ponsel mereka dan sistem operasi. Dengan begitu, mereka menginginkan bisa membantu mengurangi waktu yang dihabiskan pengguna ponsel keluaran perusahaan itu.

sumber: viva.co.id

Tags

Artikel Terkait

BACA JUGA
Close
Back to top button
Close
Close