#Lawan IslamofobiaINTERNASIONAL

Kelompok Ekstremis Hindu Bakar Masjid, Rumah dan Toko Muslim di India

Anatolia (SI Online) – Kelompok ekstremis Hindu (Hindutva) kembali melakukan serangan terhadap muslim di negara bagian Tripura, India.

Koresponden Anadolu Agency di Anatolia melaporkan pada Jumat (29/10), ketegangan meningkat di wilayah timur laut India, setelah ‘geng Hindutva ekstremis’ membakar masjid, rumah dan toko Muslim, menyusul kekerasan antara umat Hindu dan Muslim di negara tetangga Bangladesh.

Polisi India bergerak untuk memaksakan kontrol mereka, dan mencegah terulangnya kekerasan, serta melarang pertemuan lebih dari 5 orang.

Baca juga: Kelompok Hindu Radikal India Rusak Masjid-Masjid di Tripura

Kekerasan terhadap Muslim dimulai pada 26 Oktober, setelah demonstrasi yang diselenggarakan oleh organisasi “Vishwa Hindu Parishad” (Dewan Hindu Dunia), yang diselingi dengan pidato-pidato menghasut.

Pada 27 Oktober, sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh Asosiasi lokal untuk Perlindungan Hak Sipil (APCR) mengungkapkan bahwa setidaknya 16 masjid telah dirusak oleh “geng ekstremis Hindu”, dan banyak rumah dan toko milik Muslim telah dibakar.

Tripura merupakan negara bagian India yang dikelilingi wilayah Bangladesh, dan terhubung koridor sempit dengan Negara Bagian Assam.

Pemerintahan Negara Bagian Tripura di India itu saat ini dikuasai Partai Bharatiya Janata (BJP) yang telah berkuasa sejak 2018. Dalam empat hari terakhir, lebih dari 10 insiden kekerasan agama dilaporkan terjadi di Distrik Tripura Utara.

sumber: anadolu/mina

Artikel Terkait

Back to top button