TEKNOLOGI

Sejarah Madiun Jadi Pusat Industri Kereta Api di Indonesia

Dalam sejarah Indonesia, Madiun adalah salah satu kota yang cukup sering disebut. Di Madiun, pada September 1948 meletus pemberontakan PKI. Oleh PKI, kota ini dijadikan sebagai ibu kota negara komunis yang mereka dirikan.

Di Madiun pula, terdapat Rumah Tahanan Militer (RTM) yang sempat dihuni oleh sejumlah politisi top Partai Masyumi dan Partai Sosialis Indonesia (PSI) di masa pemerintahan Bung Karno.

Dan tentu saja yang membanggakan adalah, di kota ini terdapat PT Industri Kereta Api (INKA). Didirikan pada 1981, PT INKA merypakan produsen kereta api terkemuka di Indonesia. BUMN ini memainkan peran besar dalam pengembangan transportasi nasional, sehingga menempatkan Madiun di peta industri kereta api internasional.

ADS: Anda ingin mengenal organisasi profesi dalam bidang farmasi di Kota Madiun? Anda bisa mengunjungi pafikotamadiun.org. PAFI turut mengembangkan profesi kefarmasian di daerah, serta melatih dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya obat-obatan yang aman.

Sejarah Madiun sebagai Kota Kereta Api

Madiun memiliki sejarah yang kaya dalam bidang kereta api. Jauh pada 1873, Pemerintah Kolonial Belanda mengeluarkan izin untuk pembangunan jalur kereta api lintas Surabaya-Surakarta dan Madiun-Ponorogo.

Dikutip dari goodnewsfromindonesia.id, jalur kereta api Madiun-Ponorogo dibangun oleh Staatsspoorwegen (SS) pada awal abad ke-20, sekitar 1907.

Stasiun Madiun menjadi stasiun kereta api kelas besar tipe A dan merupakan stasiun utama di wilayah Madiun, yang dikelola oleh Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VII Madiun.

Pada 1882, pemerintah Hindia Belanda meresmikan Stasiun Kereta Api Madiun dan Balai Yasa Madiun, yang kini menjadi balai yasa tertua di Indonesia dan dimiliki oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Fungsi Madiun sebagai Lokasi Stasiun Kereta Api

Pemerintah Hindia Belanda memilih Madiun sebagai lokasi stasiun kereta api karena beberapa alasan, diantaranya kesentralan, dimana letak Madiun yang berada di tengah Jawa Timur membuatnya strategis untuk menghubungkan kota-kota lain di wilayah tersebut.

Dalam hal perkebunan, Madiun juga berada di kawasan perkebunan tebu dan kopi yang penting, sehingga jalur kereta api memudahkan bisnis ekspor komoditas ini.

Tak lepas dari bagan transportasi, tentunya jalur kereta api memudahkan transportasi bagi para kolonialis Belanda dan mempermudah pengiriman bahan-bahan yang diperlukan untuk pemerintahan Hindia Belanda.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button