#Wabah CoronaPARENTING

Banyak di Rumah, Manfaatkan untuk Membangun Ketahanan Keluarga

Bogor (SI Online) – Hingga saat ini wabah virus Covid-19 atau Corona masih merebak di seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Akibatnya, sebagian besar masyarakat diminta untuk tinggal di rumah.

Dengan kondisi seperti itu, sekarang kita memiliki pekerjaan yang banyak dilakukan di rumah. “Ini perlu dimaknai sebagai kesempatan untuk dapat mendidik anak lebih baik dan lebih intensif. Bahkan kita juga dapat melakukan shalat berjamaah dengan keluarga setiap waktu,” ujar KH Didin Hafidhuddin dalam kajian online, Ahad lalu (12/4).

“Jadi kita memiliki kesempatan besar untuk memperhatikan bagaimana shalat anak-anak, bagaimana kualitas bacaan Al-Qur’an mereka,” tambahnya.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu mengatakan, momen seperti inilah kita semua dapat membangun program ketahanan keluarga. Sesuai petunjuk Al-Qur’an, kita dianjurkan untuk senantiasa menjaga diri dan keluarga dari api neraka. “Quu anfusikum wa ahlikum nara”.

“Apakah masyarakat dan bangsa ini akan menjadi baik, hal itu sangat ditentukan dari keluarga,” tutur Kiai Didin.

Termasuk soal kepemimpinan, kata Kiai Didin, pemimpin yang baik lahir dari keluarga yang baik. “Pemimpin yang berorientasi pada keadilan, kejujuran, keimanan dan ketaqwaan. “Waj’ali lil mutaaqina imama”. Bukan pemimpin yang zalim, yang khianat dan suka berdusta,” tandasnya.

red: adhila

Artikel Terkait

Back to top button