MASAIL FIQHIYAH

Berapa Batas Minimal Jamaah Shalat Jumat?

Maka hadis ini dhaif (lemah) karena ada seorang perawi yang bernama Abdul ‘Aziz bin Abdurrahman Al-Qurosyi. Al-Baihaqy mengatakan bahwa hadis seperti itu tidak bisa dijadikan sebagai hujjah.

Lagi pula, riwayat yang menyebutkan jumlah 40 itu terjadi sebelum shalat Jumat diwajibkan, karena shalat Jumat baru diwajibkan setelah turunnya surat Jumuah. Jadi, shalat Jumat sebelum turunnya surat Jumuaah hukumnya sunnah. Tidak boleh menjadikan sesuatu yang Sunnah sebagai dasar keabsahan yang wajib, karena hukum baru selalu me-nasakh (menghapus) semua hukum lama.

Jadi, tidak ada ketentuan jumlah tertentu yang menjadi syarat keabsahan shalat Jumat. Syarat yang jelas berdasarkan dalil terkait jumlah hanyalah syarat berjamaah, dan secara bahasa syarat tersebut terealisasi dengan jumlah minimal tiga orang.

Namun pendapat jumlah minimal harus 40 orang adalah pendapat yang Islami, yang dikemukakan mujtahid-mujtahid berkelas seperti Imam Syafi’i dan ulama-ulama yang mengikutinya. Karena itu sah secara syar’i jika ada di antara kaum muslimin mengambil pendapat ini dalam kapasitasnya sebagai salah satu Ijtihad yang syar’i. Wallahua’lam.

Laman sebelumnya 1 2

Artikel Terkait

Back to top button