#Save UyghurINTERNASIONAL

Di Pertemuan Parlemen Asia, Fadli Zon Suarakan Uighur, Rohingya, dan Palestina

Jakarta (SI Online) – Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon memimpin pertemuan Asian Parliamentary Assembly ke-12 yang berlangsung di Antalya, Turki pada 13-18 Desember 2019.

Fadli juga mewakili delegasi palemen Indonesia menyampaikan pidato sambutan bertema “The Role of Multilateral Cooperation among Asian Parliaments.”

Inti dari pidato itu adalah, delegasi DPR RI membahas pentingnya pendekatan multilateral dalam mengatasi berbagai permasalahan, terkait politik, ekonomi, maupun sosial budaya, dan menolak segala bentuk aksi unilateralisme yang mengakibatkan ketidakstabilan dalam hubungan internasional negara-negara di Asia khususnya, dan dunia pada umumnya.

Indonesia kata Fadli, juga berkomitmen untuk terus menjaga perdamaian dan keamanan global sebagai bentuk kontribusi pada agenda pembangunan global.

“Untuk mencapai keberhasilan tersebut, kita harus mempraktikkan kebiasaan berdialog, inklusivitas, penyelesaian konflik secara damai, dan tidak menggunakan kekerasan,” ungkap Fadli Zon dalam pernyataan tertulisnya, Senin (16/12/2019).

Fadli mengungkapkan, di UN Security Council Presidency pada Mei 2019 lalu, Indonesia secara terus-menerus menyuarakan hak-hak rakyat Palestina, termasuk mendorong pembentukan negara Palestina yang bebas, demokratis, dan makmur – sebagai bagian dari komitmen kami untuk berpartisipasi dalam tatanan dunia berdasarkan kebebasan, perdamaian, dan keadilan sosial.

“Selain itu, DPR RI mendukung resolusi konflik damai di Myanmar dan berkomitmen untuk mendukung pemulangan pengungsi Rohingya dan memastikan pengembalian para pengungsi dalam kondisi aman dan selamat,” ucap Fadli Zon.

Fadli Zon juga menyatakan komitmen Indonesia mendukung perdamaian atas situasi yang terjadi di wilayah minoritas Muslim di Xinjiang.

Sebagaimana Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, ia juga berharap bahwa menumbuhkan ketahanan terhadap perdamaian berkelanjutan akan menjadi prioritas setiap parlemen di Asian Parliamentary Assembly, untuk memastikan semua orang hidup dengan bermartabat dan menikmati kebebasan dari ketakutan.

Delegasi DPR RI yang turut mendampingi Fadli di forum tersebut adalah Wakil Ketua BKSAP Charles Honoris (F-PDIP), Wakil Ketua BKSAP Putu Supadma Rudana (F-DEMOKRAT), Wakil ketua BKSAP Mardani Ali Sera (F-PKS), Wakil Ketua BKSAP Achmad Hafidz Thohir (F-PAN), dan Anggota BKSAP Sihar Sitorus (F-PDIP).

red: shodiq ramadhan

Artikel Terkait

Back to top button