NASIONAL

IHATEC Marketing Research Kembali Gelar ‘Top Halal Award 2024’

“Kesuksesan para pemilik merek mendapatkan lisensi Top Halal Award adalah bukti bahwa pemilik merek telah berhasil membangun image produk halal sehingga mendapatkan apresiasi sebagai merek halal top papan atas yang ada di benak konsumen Milenial. Hal ini penting karena dalam teori marketing, merek halal yang paling diingat konsumen memiliki peluang yang sangat besar untuk dibeli atau digunakan sehingga paling besar pula kesempatan memenangkan kompetisi di pasaran,” jelas Evrin.

Executive of Steering Committee of Top Halal Award 2024, Anang Ghozali, membangun merek halal (halal branding) menjadi salah satu kunci keberhasilan pelaku usaha untuk dapat berkompetisi di pasar Muslim, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Artinya, perusahaan melakukan upaya promosi produk atau layanan yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan nilai-nilai konsumen Muslim.

Halal branding akan membangun kepercayaan konsumen terhadap merek berlabel halal, sekaligus mendorong konsumen untuk memilih merek tersebut. Dengan demikian, keberhasilan halal branding dapat meningkatkan daya kompetisi merek, baik di pasar domestik maupun pasar global,” terang Anang.

Saat ini, lanjutnya, sudah banyak pelaku usaha di Indonesia yang melakukan halal branding. Hal ini seiring dengan semakin tumbuhnya kesadaran pelaku usaha akan pentingnya mengembangkan produk dan layanan berbasis halal sebagai peluang untuk meningkatkan pangsa pasar.

“Halal sudah menjadi bagian strategi marketing atau pengembangan bisnis. Selain itu juga, sebentar lagi kebijakan kewajiban halal akan diberlakukan, ini berarti era pasar halal sudah di depan mata. Mau tidak mau, pelaku usaha harus bisa memanfaatkan halal untuk keberhasilan bisnisnya,” ungkap Anang. []

Laman sebelumnya 1 2

Artikel Terkait

Back to top button