NASIONAL

Kiai Didin: Umat Islam Harus Sinergi dalam Amar Makruf Nahi Mungkar

Bogor (SI Online) – Umat Islam akan selalu menghadapi berbagai macam ujian dalam kehidupan. Karena itu agar mampu menghadapi setiap ujian, harus terlebih dahulu menguatkan persatuan.

“Setiap orang beriman, baik laki-laki maupun perempuan harus besinergi saling tolong menolong dalam kebaikan. Kita harus saling bantu dan berkoordinasi, saling bersinergi dalam keimanan dan ketakwaan,” ujar KH Didin Hafidhuddin dikutip Suara Islam Online, Senin (6/9/2021) melalui kajian online di Kalam TV.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu mengatakan, jika di antara kaum Muslimin terdapat banyak kelompok atau organisasi itu hanya variasi dalam kehidupan. “Akan tetapi tujuannya harus sama, bukan untuk dipertentangkan,” jelasnya.

Oleh karena itu, kita harus saling mendukung satu sama lain, semuanya harus bersinergi melaksanakan tugas atau kewajian setiap Muslim.

“Tugasnya itu adalah amar makruf nahi mungkar dalam berbagai macam bidang kehidupan, melakukan banyak perbaikan dan menumbuhkan kedamaian,” ungkap Kiai Didin.

Menurutnya, perbaikan harus dilakukan di segala bidang seperti bidang pendidikan, sosial, budaya, ekonomi, politik dan sebagainya. “Dan itu harus dilakukan secara bersama-sama,” tuturnya.

Meski demikian, kata Kiai Didin, umat Islam juga harus menegakan agama khususnya ibadah sebagai pondasi kekuatan spiritual.

“Kita harus menegakkan shalat, menunaikan zakat, membiasakan infak. Dengan ketaatan kepada Allah akan menjadikan kita sebagai orang-orang yang akan mendapat pertolongan Allah,” tandas Ketua Pembina Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII) itu.

red: adhila

Artikel Terkait

BACA JUGA
Close
Back to top button